alexametrics

Perjalanan Usai, Laskar Rempah Beri Oleh-Oleh ke Wali Kota Mojokerto

2 Juli 2022, 22:28:47 WIB

JawaPos.com–Resmi sudah Laskar Rempah Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) menyibak ganasnya ombak laut selama 30 hari. Laskar dari batch Cendana menutup MBJR 2022 di Kota Onde-Onde, Kota Mojokerto, (2/7) malam.

Ada oleh-oleh spesial yang diserahkan laskar ke Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. Buah tangan itu diberikan dua perwakilan laskar. Ning Ita, sapaan akrab Ika Puspitasari, menerima miniatur kapal dan tameng khas Kalimantan Tengah.

Tak hanya itu, di penutupan yang juga dihadiri Wakil Gubernur Emil Dardak tersebut, para laskar unjuk bakat dengan menampilkan masing-masing kebudayaan daerah. Mulai dari tarian hingga syair.

Emil dan Ita tak berhenti bertepuk tangan. Begitu juga Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek Restu Gunawan.

”Tahun depan, Kota Mojokerto siap membuka pintu dan tangan lebar-lebar untuk MBJR berikutnya,” kata Ita.

Laskar Rempah terdiri atas 147 generasi muda Indonesia telah menempuh jalur perdagangan rempah dari titik Surabaya menuju Makassar. Lalu singgah di Bau-Bau dan terus lanjut ke Ternate. Kemudian turun ke Banda dan bergerak menuju Kupang hingga terus berlayar ke titik akhir di Surabaya melalui perairan Sumbawa dan Bali.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Dimas Nur Apriyanto/JPK

Saksikan video menarik berikut ini: