alexametrics

Pemprov Jatim Akan Bongkar Tujuh Ruko di Jalan Sultan Agung Jember

2 Juli 2022, 20:14:29 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membongkar bangunan lama tujuh rumah toko (ruko) di Jalan Sultan Agung di Kabupaten Jember. Sebab, berada di atas aliran sungai, sehingga menyalahi aturan.

”Kawasan aliran sungai merupakan kewenangan Pemprov Jatim dan ketujuh ruko tersebut posisinya berada tepat di atas aliran sungai,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Jawa Timur Muhammad Isa Ansori seperti dilansir dari Antara di Jember, Sabtu (2/7).

Dinas PU SDA Jatim sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Jember Hendy Siswanto terkait dengan pembongkaran ruko yang bangunannya menyalahi aturan tersebut. ”Sesuai aturan memang di aliran sungai dilarang ada bangunan permanen, apalagi tujuh bangunan ruko tersebut berada persis di atasnya, sehingga berbahaya,” tutur Muhammad Isa Ansori.

Apabila air sungai sedang naik, lanjut dia, akan mengikis bangunan di atasnya dan sangat membahayakan keselamatan. Sehingga, pihaknya akan melakukan pembongkaran.

”Pembongkaran akan dilakukan mulai 5 Juli. Mengenai teknisnya, yang jelas akan mengutamakan keselamatan dan keamanan bersama,” ujar Muhammad Isa Ansori.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto menjelaskan, tujuh ruko tersebut merupakan aset Pemkab Jember yang disewakan kepada pengusaha sejak bertahun-tahun sebelumnya.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: