alexametrics

Kementerian PUPR Sebut Pembangunan TPA Banjardowo 99 Persen

2 Juli 2022, 20:33:33 WIB

JawaPos.com–Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Banjardowo Jombang, Jawa Timur, sudah 99 persen. TPA itu siap untuk digunakan dalam beberapa waktu ke depan.

”Saat ini sudah 99 persen, tersisa sinkronisasi sistem,” kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti seperti dilansir dari Antara, Sabtu (2/7).

Diana mengatakan, penyelesaian pengembangan TPA Banjardowo Jombang ditargetkan selesai pertengahan Juli. Nanti langsung dimanfaatkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jombang untuk pengelolaan sampah.

Diana menjelaskan, fasilitas di TPA Banjardowo sudah dapat digunakan untuk pelatihan sumber daya manusia (SDM) pada pertengahan Juli. Terdapat sejumlah alat pengolahan sampah yang harus dioperasikan pemerintah daerah.

”Medio Juli bisa dilakukan training operasional keseluruhan unit,” papar Diana.

Kementerian PUPR mengembangkan TPA Banjardowo, dari semula menggunakan sistem penimbunan sampah terbuka (open dumping) menjadi sistem sanitary landfill.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: