alexametrics

Kalsel Vaksinasi 4.717 Hewan Ternak untuk Tangkal PMK

2 Juli 2022, 20:51:49 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 4.717 ekor hewan ternak jenis sapi dan kambing sekitar satu pekan ini. Vaksinasi tersebut untuk menangkal wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak.

”Ini capaiannya sudah 112,13 persen dari kuota yang diberikan pemerintah pusat,” ujar Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel Suparmi seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin, Sabtu (2/7).

Menurut dia, Kementerian Pertanian RI menargetkan 4.200 dosis vaksin hewan ternak di Provinsi Kalsel sejak 23 hingga 30 Juni. Namun hingga akhir Juni mampu memberikan vaksinasi kepada hewan ternak di 12 kabupaten/kota sebanyak 4.717 dosis.

”Pelaksanaannya sejak 24 Juni, sesuai arahan Pak Gubernur,” tutur Suparmi.

Dengan instruksi gubernur tersebut agar pelaksanaan vaksinasi sapi menjelang Idul Adha 1443 Hijriah dipercepat, hingga tidak ada sapi dan kambing kurban yang terserang PMK.

Kasus awal PMK ditemukan di daerah Jawa Timur, hingga Kalsel masuk 19 provinsi terdampak wabah penyakit itu. ”Dengan kerja cepat setelah kita koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota, hingga tercapai lebih 100 persen itu,” terang Suparmi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: