JawaPos Radar

Papua Ubah Kode Plat Kendaraan

02/07/2016, 19:53 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Papua Ubah Kode Plat Kendaraan
Papua Ubah Kode Plat Kendaraan (Cenderawasih Pos/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) untuk Provinsi Papua akhirnya resmi berubah. Jika sebelumnya NRKB atau plat kode wilayah adalah DS, kini berganti menjadi PA.

Peresmian yang bertepatan dengan HUT Polri ke 70 ini ditandai dengan penyerahan plat kendaraan PA 1 dari Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw kepada Gubernur Papua yang diwakili Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen. 

Hery mengatakan, perubahan kode plat wilayah TNKB DS ke PA yang artinya Papua itu merupakan nuansa otonomi khusus (Otsus). Karena Provinsi Papua Barat juga sudah mengganti kode wilayahnya menjadi PB yang artinya Papua Barat.

“Saya kira ini tidak ada korelasi berapa lama DS sudah digunakan, tetapi menjadi suatu kebijakan yang telah dikeluarkan melalui ketentuan yang ada sehingga hari ini  bisa dilaunching,” jelasnya dikutip dari Cenderawasih Pos (Jawa Pos Group), Sabtu (2/7).

Perubahan plat nomor ini diharapkan juga mampu memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Papua. Dengan perubahan ini, instansi terkait bisa segera melakukan penertiban utamanya terhadap kendaraan dari luar Papua yang masih menggunakan kode wilayah dari daerah asalnya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebutkan bahwa perubahan nomor registrasi kendaraan bermotor ini membutuhkan proses panjang. Tim gabungan dari Pemda, DPRP, DPR RI, Kepolisian dan Jasa Raharja telah berkonsultasi  dengan Kakorlantas Mabes Polri, dan akhirnya dikeluarkan Keputusan 168/VI/ 2016.

“Aspirasi dari gubernur, terealisasi hari ini (kemarin,red) dan kami berupaya untuk melanjutkan aspirasi ini. Sebab ini adalah kewenangan Polri terkait penertiban SIM, STNK juga TNKB sebagai legitimasi dokumen kepemilikan kendaraan bermotor,” jelas Waterpauw. (yan/jo/ade/nat/fab/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up