alexametrics

Pemkot Surabaya Gagas Pengembangan Area UMKM di Park and Ride

2 Juni 2018, 20:10:22 WIB

JawaPos.com – Pemerintah kota (pemkot) Surabaya terus berupaya menyediakan lahan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Saat ini, pemkot berencana mengembangkan lahan bagi pelaku UMKM di Park and Ride Jalan Mayjend Sungkono. 

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan pengembangan lahan UMKM di Park and Ride Mayjend Sungkono masih menunggu pembenahan area pedestrian. “Memang lokasinya belum saya olah (kembangkan lahannya),” kata Risma saat ditemui wartawan di Kapas Krampung Plaza, Sabtu (2/6). 

Rencana tersebut menyusul evaluasi hasil karya pelaku UMKM di level pemula dan menengah sudah meningkat. Baik di apsek kualitas maupun pada sisi kreativitas dan inovasi tiap pekaku UMKM. 

“Kalau dibanding pelaku UMKM 8 tahun lalu, jelas berbeda jauh. Sekarang produknya sudah berkualitas, bervariasi dan siap jual,” kata Risma 

Lebih lanjut, Risma mengatakan area UMKM di Park and Ride Mayjend Sungkono bukan satu-satunya tempat. Dia juga berencana mengembangkan area UMKM di tiap pusat perbelanjaan atau mal. 

Hanya, saat ini mayoritas pelaku UMKM yang sudah eksis di mal lebih condong menggarap produk untuk di jual ke luar Surabaya. Bahkan, beberapa pelaku UMKM juga banyak yang memproduksi barang untuk kebutuhan ekspor. 

“Jadi barang yang bagus dengan kualitas yang tinggi sekali sudah dikirim keluar kota dan pulau. Sedangkan, kebutuhan lokal masih didominasi pelaku UMKM pemula,” katanya. 

Karenanya, Risma mengimbau kepada seluruh pelaku UMKM pemula agar terus belajar dan berinovasi. Apalagi, lanjutnya, Risma menilai pelaku UMKM mayoritas berkecimpung pada industri kreatif dan kuliner. 

“Karena industri itu tergolong kegiatan yang menghasilkan produk kebutuhan. Artinya industri itu ngga akan mati. Nanti pemkot yang sediakan tempat supaya pelaku UMKM dapat sejahtera,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:


Pemkot Surabaya Gagas Pengembangan Area UMKM di Park and Ride