alexametrics

Lebaran, Empat Puskesmas di Solo Buka 24 Jam

2 Juni 2018, 17:15:20 WIB

JawaPos.com – Pemkot Solo akan menyiagakan tenaga kesehatan saat lebaran mendatang. Bahkan saat hari H lebaran, ada empat pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang akan buka 24 jam. Diantaranya yakni: Puskesmas Banyuanyar, Gading, Panjang dan juga Puskesmas Sibela, Mojosongo. 

“Sementara untuk 17 Puskesmas lainnya akan tetap melayani pasien dengan sistem piket. Kalau yang empat Puskesmas buka 24 jam itu merupakan Puskesmas induk,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, Sabtu (2/6).

Untuk sistem piket, perempuan yang akrab disapa Bu Ning itu mengatakan, akan berjalan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB. 

Ning berharap, dengan adanya Puskesmas 24 jam ini bisa melayani masyarakat saat lebaran. Meski dirinya mengatakan, jumlah tenaga kesehatan yang ada tidak akan sebanding dengan banyaknya warga yang mungkin membutuhkan pelayanan kesehatan saat lebaran.

Keterbatasan jumlah tenaga kesehatan ini tidak lain karena nantinya mereka juga akan disiagakan di posko-posko mudik. “Nanti kan dokter juga ditempatkan di Puskesmas juga harus berjaga di posko mudik, jadi hanya Puskesmas induk saja yang kami siagakan selama 24 jam,” katanya.

Disinggung mengenai ketersediaan obat-obatan selama lebaran, Ning memastikan semuanya masih aman. Meski begitu, Ning berharap nantinya bagi pengelola apotek 24 jam agar tetap beroperasi saat lebaran.

Hal ini mengantisipasi jika ada yang membutuhkan obat-obatan. Selain kecukupan pasokan obat-obatan, DKK juga memastikan kesiapan armada ambulans. Pengecekan kesiapan 19 mobil ambulans sudah siap. 

“Kalau mau libur supaya pas hari pertama dan kedua lebaran saja, selain itu diupayakan tetap buka,” katanya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Lebaran, Empat Puskesmas di Solo Buka 24 Jam