alexametrics

Begini Tips Produk UMKM Berdaya Saing Tinggi Ala Dennis

2 Juni 2018, 22:10:01 WIB

JawaPos.com – Sutradara, produser, sekaligus pengusaha Dennis Adhiswara hadir pada Gelar Produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kapas Krampung Plaza, Sabtu (2/6). Sebagai pengusaha, dia berbagi tips bagi pelaku UMKM yang ingin sukses.

Dennis mengatakan, kesuksesan pelaku UMKM dapat terlihat dari kualitas produk yang dihasilkan. Karena, sebagai produsen, pelaku UMKM juga dituntut untuk menghasilkan produk yang punya daya saing tinggi. 

“Kepercayaan diri seperti itu perlu dimiliki tiap pelaku UMKM,” kata Dennis ditemui wartawan di Kapas Krampung Plaza, Sabtu (2/6). 

Lalu produk seperti apa yang memiliki daya saing tinggi? Dennis berpendapat, produk tersebut harus punya unique selling point. Artinya, sebuah produk harus berbeda dan punya nilai tambah. 

Pelaku UMKM pemula juga harus sering berinovasi terhadap produknya. Sehingga, produk tersebut dapat meminimalisir saingan dan memancing rasa penasaran konsumen. “Berinovasi atau mati. Karena orang Indonesia paling penasaran dengan makanan dan minuman yang baru,” kata Dennis

Soal aspek pemasaran, Dennis menyarankan pelaku UMKM memanfaatkan dua lini. Yakni, dunia nyata dan dunia maya. Termasuk, soal target pasar. 

Pelaku UMKM pemula harus menyasar konsumen yang spesifik. “Jangan menyasar target market yang terlalu luas. Misalnya sebuah produk hanya diperuntukkan remaja laki-laki saja,” tuturnya.

Khusus untuk produk makanan. Menurutnya, pelaku UMKM dapat menghasilkan produk makanan yang awet tanpa bahan pengawet. Dapat melalui cara pembuatannya atau bentuk kemasannya. “Supaya, kalau ingin jual ke luar Surabaya itu gampang,” kata CEO Layaria.com itu.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)



Close Ads
Begini Tips Produk UMKM Berdaya Saing Tinggi Ala Dennis