alexametrics

Bandara Adi Soemarmo Kembali Dibuka, 12 Penerbangan Sempat Tertunda

2 Juni 2018, 03:39:00 WIB

JawaPos.com – Setelah ditutup lebih kurang selama tiga jam, Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Solo kembali dibuka, Jumat (1/6) malam. Pembukaan ini setelah dipastikan bahwa dampak erupsi gunung Merapi sudah tidak mengganggu penerbangan di bandara tersebut. 

Pejabat Humas Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Danar Dewi mengatakan, bahwa untuk penerbangan dari Solo dan dengan tujuan Solo sudah normal kembali. Meski begitu, ada sedikitnya 12 penerbangan yang terpaksa ditunda lantaran ditutupnya bandara. 

“Sekarang penerbangan sudah normal kembali, akan tetapi ada dua penerbangan yang dibatalkan atau di cancel yaitu Citilink QG 125 dengan rute Solo-Jakarta dan Citilink QG 125 dengan rute Jakarta-Solo,” ungkapnya, Jumat (1/6).

Sementara itu, kondisi Merapi kian bergejolak, pada Jumat (1/6). Setelah pada pukul 08.20 WIB mengalami letusan, malamnya pukul 20.24 WIB dan 21.00 WIB kembali mengeluarkan asap.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan mengatakan, letusan pada pukul 20.24 WIB itu berdurasi selama 1,5 menit. Kolom asap setinggi kisaran 2.500 meter teramati dari Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Jrakah.

Pada letusan itu, abu berwarna kelabu mengarah ke barat laut. Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 64 milimeter.

Kemudian pada pukul 21.00 WIB, durasi letusan kisaran 56 detik dengan tinggi kolom 1.000 meter. “Status aktivitas Merapi saat ini tetap Waspada. Masyarakat tidak perlu panik, dan menggunakan masker kalau beraktivitas di luar ruangan,” katanya, Jumat (1/6) malam.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/dho/JPC)



Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Bandara Adi Soemarmo Kembali Dibuka, 12 Penerbangan Sempat Tertunda