JawaPos Radar

Duh, PDAM Tak Jamin Air Lancar Selama Ramadan

02/06/2017, 00:50 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Duh, PDAM Tak Jamin Air Lancar Selama Ramadan
Ilustrasi (Angger Bondan/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Distribusi air PDAM di Penajam Paser Utara (PPU) selama Ramadan, dipastikan tak lancar. Pasalnya, PDAM Tirta Dharma yang menjadi operator, tidak bisa memberikan jaminan. 

Direktur Utama PDAM Tirta Dharma Taufik mengatakan, kondisi instalasi pengolahan air (IPA) yang masih menggunakan generator set (genset) menjadi penyebabnya. IPA Sepaku dan IPA Waru dengan kapasitas produksi masing-masing 10 liter per detik, serta IPA Sotek dengan kapasitas produksi 5 liter per detik, belum mendapat setrum dari PLN. 

“Insya Allah distribusi air selama Ramadan bisa lancar, kalau kondisinya tak seperti sekarang ini. Karena IPA yang menggunakan genset tidak bisa beroperasi 24 jam selama tujuh hari. Hal itu akan membuat biaya operasional membengkak,” ungkap dia, beberapa waktu lalu.

Dia masih berupaya agar setrum dari PLN bisa mengaliri tiga IPA yang melayani 5.400 sambungan rumah (SR) itu. Karena selama ini, selain IPA Lawelawe dengan kapasitas produksi 70 liter per detik, yang menggunakan listrik PLN, IPA Sepaku, IPA Waru dan IPA Sotek, masih menggunakan genset yang beroperasi selama dua atau tiga kali dalam seminggu.

“Mudah-mudahan bisa masuk (listrik PLN), jadi bisa beroperasi selama 24 jam. Sehingga distribusi air nantinya lancar,” harap pria berkacamata tersebut.

Walaupun distribusi belum normal, Taufik mengklaim kualitas air bersih PDAM Tirta Dharma sudah memenuhi standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pasalnya, PH atau tingkat keasaman telah memenuhi Peraturan Kemenkes (Permenkes) Nomor 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. (*/rik/ica/k9/fab/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up