alexametrics

Situs Sekaran Bakal Dijadikan Wisata Purbakala

2 April 2019, 17:13:26 WIB

JawaPos.com – Temuan situs Sekaran di jalur Tol Malang-Pandaan (Mapan) direspons serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Peninggalan bersejarah itu akan dijadikan sebagai wisata purbakala. Pengelolaannya dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dipasbud) Kabupaten Malang.

“Nanti kami jadikan ini destinasi wisata purbakala yang di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Nanti ada rest area. Sedang dibicarakan dengan (pengelola) tol,” ujar Wakil Bupati Malang Sanusi saat meninjau lokasi Situs Sekaran, Selasa (2/4).

Namun rencana itu masih menunggu keputusan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) yang akan menyerahkan pengelolaan situs kepada Pemkab Malang. “Masih menunggu keputusan dari BPCB. Kalau sudah diserahkan ke kabupaten, akan dikelola Disparbud,” terang Sanusi.

Pemkab Malang belum melakukan komunikasi dengan pihak BPCB. Sebab sekarang fokusnya adalah penggalian situs. Meskipun begitu, Pemkab Malang telah menyatakan dukungan untuk melestarikan situs tersebut.

“Artinya nanti kerja sama dengan Trowulan. Selanjutnya mau diapakan? Kabupaten Malang mendukung kegiatan ini. Kalau itu benar-benar situs, ya harus dilestarikan. Nantinya Kabupaten Malang siap melestarikan,” papar Sanusi.

Situs Sekaran masih membutuhkan pagar dan atap sebagai pengamanan. Rencananya, pengelola tol membantu pemasangan pagar di sekitar situs. Sementara untuk atap akan dibantu Pemkab Malang. Namun anggaran untuk hal tersebut baru bisa disiapkan pada 2020. “Kalau sekarang tidak ada anggaran untuk ini. Paling ya di PAK (Perubahan Anggaran Keuangan),” terangnya.

Saat ini, situs Sekaran sudah cukup banyak dikunjungi masyarakat sekitar. Meskipun kondisinya masih seadanya. Hanya ada pagar pembatas yang terbuat dari bambu. “Sudah banyak kunjungan wisata yang datang. Diimbau untuk melihat saja,” pesan Sanusi.

Seperti diberitakan, sebuah timbunan dengan material batu bata diduga bangunan situs purbakala ditemukan di jalur proyek Tol Mapan seksi 5 KM 37. Tepatnya di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Timbunan itu diduga permukiman kalangan menengah ke atas era kerajaan sebelum Majapahit.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Fisca Tanjung



Close Ads
Situs Sekaran Bakal Dijadikan Wisata Purbakala