JawaPos Radar

Anggaran Turun, Menpora Minta NPC Geber Penyediaan Fasilitas Atlet

02/04/2018, 23:55 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi
ANGKAT BESI: Menpora Imam Nahrawi mencoba salah satu peralatan angka besi, Senin (2/4). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memastikan anggaran untuk keperluan atlet Asian Para Games (APG) sebesar Rp 130 miliar sudah turun.

Anggaran tersebut langsung dikirim ke rekening National Paralympic Committe (NPC) Indonesia. Selanjutnya, NPC-lah yang akan menggunakan dana tersebut untuk mencukupi semua keperluan atlet termasuk untuk pembelian peralatan baru.

Demikian disampaikan Imam Nahrawi saat meninjau langsung persiapan atlet APG di kantor NPC di Jalan Ir Sutami, Jebres, Solo, Jateng, Senin (2/4).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi
Menpora Imam Nahrawi tengah berswafoto bersama dengan atlet (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Lebih lanjut, Imam Nahrawi mengatakan, bahwa saat ini untuk penggunaan anggaran tersebut tinggal menunggu petunjuk teknisnya (Juknis). "Bahwa pendanaan sudah diberikan langsung kepada NPC tinggal menunggu Juknisnya terkait pengadaan barang," ungkapnya kepada JawaPos.com, Senin (2/4).

Pihaknya meminta kepada NPC untuk segera menyiapkan proposal yang akan diajukan untuk keperluan penggunaan anggaran tersebut. Hal itu turut dibahas dalam rapat internal yang diadakan di kantor NPC yang turut melibatkan pengurus dan juga pelatih APG.

Menpora mengharapkan untuk administrasi tersebut sudah bisa rampung Jumat (6/4) mendatang. "Tadi juga sudah dilaporkan oleh Deputi IV Jumat harus selesai," katanya.

Dengan selesainya pengurusan administrasi penggunaan anggaran tersebut, otomatis semua kebutuhan atlet akan lebih cepat terpenuhi. Diantaranya kebutuhan dasar, akomodasi, transportasi dan juga peralatan pendukung untuk latihan para atlet.

Hanya saja untuk tahap pertama ini, Menpora mengatakan, baru diberikan sebesar 70 persen. Baru kemudian setelah Juknis turun sisanya akan langsung diberikan.

Menpora berharap, dengan ketersediaan anggaran ini persiapan para atlet APG tidak lagi mendapatkan kendala. "Sekarang tinggal dukungan masyarakat, para publik ingin kembali mengharumkan nama Indonesia. Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah," ucapnya.

Sementara itu, Presiden NPC, Senny Marbun mengungkapkan, bahwa untuk anggaran sudah turun. "Yang penting dananya sudah turun, tes event juga sudah kami lakukan. Sudah beres semua," ucapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up