alexametrics

Siti: Pertama Laku Rp 16 juta, Kedua Saya Ditangkap

2 Maret 2019, 07:12:32 WIB

JawaPos.com – Siti Asiah, 35, harus merasakan dinginnya dinding penjara usai ditangkap unit Pidana Umum (Pidum) Polresta Palembang. Janda satu anak itu ditangkap lantaran ketahuan menjual emas palsu di kawasan Pasar 10 Ulu Palembang, Kamis (28/2).

“Saya tidak tahu kalau emas ini palsu, Pak,” aku Siti Asiah saat ditemui di Polresta Palembang, Jumat (1/3).

Ia mendapatkan emas palsu ini dari Dedi (buron) di Kawasan Pelabuhan Merak. Saat itu, dirinya menagih utang kepada Dedi. Kemudian, dirinya diajak ke Palembang dan disuruh untuk menjual emas tersebut. Hasil penjualan ini dijanjikan Dedi untuk membayar utangnya kepada Siti.

Pertama dirinya menjual emas ini di kawasan Pasar Plaju. Emas jual yakni seberat 13 gram dengan harga Rp 16 juta dan berhasil. Dirinya mendapatkan bagian sebesar Rp 600 ribu.

Kedua, dirinya menjual emas ini di kawasan Pasar 10 Ulu. Namun, dirinya ditangkap karena emas tersebut ternyata palsu. “Saya tidak tahu kalau emas itu palsu, Pak,” tutupnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Yon Edi Winara mengatakan, pelaku ini ditangkap di kawasan Pasar 10 Ulu Palembang.

Saat itu, pelaku menjual emas palsu di toko milik Rudi. Namun, diketahui Rudi dan langsung diteriaki penipu.

“Saat itu, ada petugas yang sedang patroli langsung mengejar dan menangkap pelaku,” katanya.

Dari penangkapan tersebut, pihaknya berhasil menyita barang bukti emas palsu seberat 13 gram berbentuk kalung beserta surat palsu pembelian emas.

Berdasarkan pengakuan dari tersangka, dirinya tidak mengetahui jika emas tersebut palsu dan tindakannya murni hanya disuruh. Namun, kepolisian tidak percaya pengakuan tersebut.

Ia menduga jika tersangka merupakan sindikat penipuan penjualan emas palsu. Saat ini, pihaknya masih mengejar pelaku lain. “Atas perbuatannya, tersangka dijerat pidana penjara selama empat tahun,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
Siti: Pertama Laku Rp 16 juta, Kedua Saya Ditangkap