alexametrics
Kantok Plastik Berbayar Seharga Rp 200

Ingin Lebih Hemat, Alfamart di Palembang Sediakan Kantong Daur Ulang

2 Maret 2019, 20:36:22 WIB

JawaPos.com- Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) kembali diberlakukan per 1 Maret 2019. Kebijakan ini disambut baik dan mendapatkan dukungan dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Terbukti beberapa walaraba kini telah menerapkan kebijakan tersebut. Seperti yang terlihat di Alfamart di Palembang.

Kasir Alfamart, Putri, 19 mengatakan, penerapan kantong plastik ini sebelumnya sempat diberlakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun, dihentikan karena banyak yang protes.

Kini, pihaknya telah menerima kembali instruksi untuk menerapkan kebijakan KPTG. Artinya, setiap belanja dan menggunakan plastik harus membayar Rp 200.

“Jadi kalau belanja pakai kantong plastik harus menambah biaya lagi,” katanya saat ditemui di Alfamart di Jalan Pangeran SW Subekti, Palembang, Sabtu (2/3).

Ia mengaku jika memang tidak mau membayar maka harus membawa kantong sendiri atau dapat membeli khusus kantong daur ulang. Kantong daur ulang ini seharga Rp 3.500, yang mana dapat digunakan beberapa kali tanpa harus membayar tambahan untuk kantong plastik.

“Kebijakan baru ini saya tidak tahu kapan diterapkan tapi setahu saya baru per hari ini,” singkatnya.

Lain halnya dengan waralaba Indomaret yang belum mendapatkan intruksi untuk penerapan kebijakan tersebut. Indah Suwarni, 23 kasir Indomaret mengaku belum mendapatkan intruksi dari atasannya untuk penerapan kebijakan ini. Artinya, jika menggunakan kantong plastik belum dikenakan biaya sepeser pun.

“Gratis mas masih, kami belum dapat intruksi soalnya,” singkatnya.

Seperti diketahui, kebijakan KPTG ini salah satu bentuk dukungan visi pemerintah pada tahun 2025 Indonesia. Yakni dapat mengurangi 30 persen sampah dan menangani sampah sebesar 70 persen termasuk sampah plastik di Indonesia.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Alwi Alim

Ingin Lebih Hemat, Alfamart di Palembang Sediakan Kantong Daur Ulang