alexametrics

Dikritik Soal Taman Dilan, Begini Respons Tenang Ridwan Kamil

2 Maret 2019, 01:00:22 WIB

JawaPos.com – Rencana pembangunan Taman Dilan alias Pojok Dilan di area GOR Saparua, Kota Bandung jadi pro kontra di tengah masyarakat. Pasalnya masyarakat mempertanyakan kepentingan dan manfaat dari taman yang sudah dilakukan peletakan batu pertama saat Hari Dilan, 24 Februari 2019 lalu.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merespons, bahwa taman tersebut dibuat karena untuk sebuah apresiasi dan meningkatkan interaksi budaya literasi di kalangan milenial. Selain itu, karna film Dilan ini merupakan hasil karya dari Novel yang ditulis oleh warga Bandung yakni Pidi Baiq.

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mengunggah sebuah sketsa program-program yang telah dilaunching olehnya. Dalam unggahan terlibat ada gambar Pojok Dilan.

Dalam keterangan foto disebutkan, bahwa Taman atau Pojok Dilan adalah sudut kecil ‘seuprit’ di Taman Saparua, yang niatnya untuk meningkatkan interaksi budaya literasi kalangan milenial.

“Kenapa nama Dilan? Karena Novel Dilan adalah karya literasi anak Bandung yang paling sukses menjadi Film Nasional di era milenial (lebih dari 6juta penonton). ke-2 tertinggi dalam sejarah fllm Indonesia. ltu yg tidak dimiliki oleh karya literasi Iainnya di Jawa Barat. ltu yang diharapkan lahir penulis seperti Pidi Baiq Iainnya,” tulis @ridwankamil, Jumat (1/3).

Sehingga, lanjut keterangan unggahan tersebut bahwa bukan soal perayaan karakter si Dilannya yang memang pro kontra, namun konteks gaya jaman baheula (dahulu, red) yang dibaca oleh konteks zaman now. Kedua, tokoh-tokoh Iainnya juga, jika relevan, akan diwadahi di berbagai tempat yang cocok dan relevan. Ketiga, banyak kritikan yang menyatakan sebagai Gubernur seolah saya hanya ngurus receh, Padahal gagasan dan program fundamental membawa Jabar Juara sudah bergerak.

Kang Emil memberikan beberapa contoh program yang sudah bergerak, diantaranya Pendidikan Karakter Jabar Masagi, Layanan Layad Rawat, Literasi Cerdas, SMK berkurikulum 4.0, Program Magrib mengaji dan Subuh berjamaah, Kredit Mesra berbasis masjid, Pusat pertumbuhan Segitiga Rebana di Pantura, Pembangunan Pariwisata di 30 lokasi, Akselerasi Jalan Tol Cigatas-Tol Bogor-Cianjur-Bandung, Jalur Kereta Pangandaran, Creative & Technology Center di berbagai wilayah, Bandara Cikembar untuk membuka akses ke Jabar Selatan, dan pendirian PUSAT BUDAYA SUNDA di Subang, Sumedang, Garut dan Ciamis.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Siti Fatonah



Close Ads
Dikritik Soal Taman Dilan, Begini Respons Tenang Ridwan Kamil