alexametrics

Alfamart di Batam Terapkan Kantong Plastik Berbayar Sejak 1 Maret 2019

2 Maret 2019, 19:57:05 WIB

JawaPos.com- Kebijakan kantong plastik berbayar di seluruh minimarket Alfamart di Batam mulai diterapkan. Setiap pembeli yang ingin memakai kantong plastik dikenai biaya sebesar Rp 200.

Sherlina, 22, salah satu petugas kasir di Alfamart yang terletak di Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar, Batam menjelaskan, penerapan plastik berbayar ini berjalan sejak 1 Maret lalu.

Sherlina mengaku tidak tahu alasan pasti akan penerapan plastik berbayar ini. Namun kebijakan yang beberapa waktu sebelumnya juga pernah diterapkan ini cukup berpengaruh pada penggunaan kantong plastik. Ia mengaku bahwa banyak warga yang kaget dan memilih untuk tidak memakai plastik. Terlebih mereka yang hanya berbelanja barang dalam jumlah kecil.

“Efeknya sudah ada yang tak mau pakai plastik,” kata Sherlina pada Sabtu (2/3).

Kebijakan berbeda diterapkan Indomaret yang notabene adalah saingan Alfamart. Di Indomaret memang setiap pemakaian kantong plastik dikenai biaya sebesar Rp 1. Meskipun demikian, biaya ini tidak dibebankan kepada pembeli yang menggunakan kantong plastik, melainkan melalui diskon yang diberikan.

“Jadi di struk pembelian memang ada tercantum biaya plastik, tapi keterangan di bawahnya ada diskon atas biaya plastik itu, jadi tidak ada beban bagi pembeli,” kata Rully Dian, 24, pegawai Indomaret di kawasan Batam Centre, Batam menjelaskan.

Sama seperti Alfamart, sebelumnya Indomaret juga pernah menerapkan biaya Rp 100 untuk setiap penggunaan kantong plastik. Hanya saja kebijakan tersebut sudah tidak lagi diberlakukan. Rully juga mengaku tidak tahu persis kenapa kebijakan tersebut terhenti.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Bobi Bani

Alfamart di Batam Terapkan Kantong Plastik Berbayar Sejak 1 Maret 2019