JawaPos Radar

Resmi Ditunjuk Kemenkes, Pemkab Tabanan Jadi Pilot Project Vaksin JE

02/03/2018, 07:21 WIB | Editor: Imam Solehudin
Bupati Tabanan
Bupati Tabanan Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti saat mendampingi Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pada program imunisasi JE di SMP Negeri 1 Tabanan, Kamis (1/3). (Ist/Jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan Bali menjadi pilot project program Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Program tersebut adalah kampanye sekaligus imunisasi penyakit Japanese Enchepali (JE). Launching pilot project tersebut dihadiri oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan diresmikan langsung oleh Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek di SMP Negeri 1 Tabanan, Kamis (1/3).

Dalam sambutannya Menteri Nila menyampaikan bahwa JE adalah penyakit yang berbahaya.

“Penyakit ini membawa dampak buruk kesehatan manusia. Resikonya adalah kelumpuhan akibat peradangan otak hingga kematian. Tidak hanya itu, pengidapnya juga bersiko mengalami perkembangan mental yang buruk. Sasaran utama program ini adalah anak-anak pada usia sembilan bulan sampai dengan 15 tahun”, papar Menteri Nila.

Menteri Nila pun menyampaikan program ini sangat penting sehingga wajib mencapai target. “Pelaksanaan program ini akan berlangsung dari 1 Maret hingga 30 April 2018. Mengingat pentingnya imunisasi ini, saya berharap pelaksanaannya sukses 95%”, ujar Menteri Nila.

Menteri Nila pun mengapresiasi kepada Pemkab Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Eka. “Saya sangat mengapresiasi terhadap kinerja cemerlang Pemkab Tabanan. Terutama Bupati Eka yang sangat berkomitmen dalam mendukung Kementerian Kesehatan terutama program pencegahan dan penanganan kanker serviks,” Menteri Nila.

Dia menambahkan bahwa sejak Bupati Eka menjabat, angka penderita kanker serviks menurun drastis. “Saya sangat menghargai Bupati Eka yang telah menjadikan pencegahan dan penanganan kanker serviks sebagai prioritas program di pemerintahannya. Di awal kepemimpinan beliau ada 8%, sekarang hanya 1%, dan mudah-mudahan tahun depan menjadi 0%,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Eka dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kemenkes yang telah mempercayakan Tabanan sebagai lokasi pilot project program vaksinasi JE.

“Saya disini mewakili masyarakat Tabanan mengucapkan terimakasih karena telah diberi kepercayaan oleh Menteri Nila sebagai lokasi pilot project. Saya bersyukur karena Tabanan bisa menjadi yang pertama dalam mendukung program pemerintah. Saya pun sangat mengapresiasi para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah menyiapkan program ini selama satu bulan kedepan. Saya bangga karena tanpa mereka launching program ini tidak akan berjalan lancar”, papar Bupati Eka.

Bupati Eka menambahkan bahwa dalam peran ibu sangat penting untuk sosialiasi sebuah program kesehatan.

“Prinsip saya kalau ibunya sehat, anak dan suaminya pasti sehat. Jadi program ini (imunisasi dan sosialisasi JE) akan mengedukasi para ibu. Jika sang Ibu sudah memiliki wawasan tentang penyakit JE, maka saya yakin keluarganya pun akan terhindar dari JE," pungkasnya.

(mam/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up