JawaPos Radar

Faktor Penyebab Kota Padang Belum Mampu Cukupi Pangan Warga Sendiri

02/03/2018, 22:11 WIB | Editor: Budi Warsito
Faktor Penyebab Kota Padang Belum Mampu Cukupi Pangan Warga Sendiri
Kepala Dinas Pangan Kota Padang Zulbadri (tengah) (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Kota Padang masih belum mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri. Sampai hari ini, lebih dari setengah kebutuhan pangan masyarakat dipasok dari daerah tetangga.

Kepala Dinas Pangan Kota Padang Zalbadri mengatakan, ada berbagai faktor penyebab belum mampunya Kota Padang dalam memenuhi kebutuhan pangan sendiri. Diantaranya, karena pertambahan jumlah penduduk yang kian pesat. Selain itu, semakin sempit dan terbatasnya lahan pertanian juga menjadi salah satu pemicu ketersediaan pangan.

Saat ini kata Zulbadri, Kota Padang baru mampu menyediakan kebutuhan pangan sekitar 45 persen untuk 914.968 jiwa penduduk. Sekitar 55 persen kebutuhan pangan lainnya, didatangkan dari wilayah tetangga.

"Kita tetap berupaya menjaga kebutuhan pangan agar tetap terpenuhi" sebut Zalbadri, Jumat (2/3).

Bahkan kata Zulbadri, ada dua kelurahan di Kota Padang yang ditetapkan sebagai kelurahan rawan pangan. Kelurahan adalah, bukit Gado-gado dan kawasan Teluk Kabung Selatan.

Lebih lanjut ia menyatakan, berbagai langkah telah dilakukan Pemerintah Kota Padang untuk memenuhi kebutuhan pangan warga Padang. Diantaranya, memberikan pembinaan lumbung pangan masyarakat.

Kemudian, Pemerintah Kota Padang juga membentuk 12 Kelompok lumbung pangan yang tersebar di 6 kecamatan. "Kita juga lakukan pembinaan kelompok mandiri pangan khususnya pada kelurahan yang rawan pangan," tandasnya.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up