alexametrics

Polres Gowa Bekuk 6 Orang Pelaku Pembalakan Liar

2 Februari 2019, 18:18:19 WIB

JawaPos.com- Enam orang pelaku pembalakan liar di kawasan hutan Dusun Matteko, Desa Erelembang, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa ditangkap polisi. Mereke kedapatan merambah hutan tanpa izin resmi dari pihak berwajib.

Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga mengungkapkan, penangkapan terhadap keenamnya merupakan hasil pengembangan jajarannya. Kasus itu telah dilaporkan ke Polres Gowa pada 3 Januari lalu.

“Hasil pengembangan dan penyidikan terhadap enam orang tersebut, statusnya dinaikkan dari saksi menjadi tersangka,” ungkap Shinto kemudian dinaikkan statusnya dari saksi menjadi tersangka,” Shinto dalam eskpos tersangka di kantornya, Sabtu (2/2).

Salah satu tersangka merupakan oknum Ketua RT, berinisial DPB, 29. Dia yang menyuruh kelima pelaku lainnya untuk merambah hutan.

Pelaku AL, 31, menyediakan mesin gergaji mesin. Sedangkan empat orang lainnya berperan menebang, yakni NT, 64 ; NC, 40 ; NS, 43 ; dan SM 20.

Shinto menjelaskan, dari hasil penyelidikan petugas yang turun ke lokasi, ditemukan 56 pohon pinus yang telah dipotong. Terlihat jelas sisa potongan di batang pohon tersebut. Bukan tumbang secara alami.

“Penebangan dilakukan dengan motif ekonomi. Selain tersangka, turut diamankan barang bukti berupa dua unit gergaji mesin, puluhan batang kayu pinus, dan dua lembar papan yang telah diolah,” jelas Shinto.

Para tersangka yang ditangkap karena menebang pohon di tanah negara. Yakni kawasan hutan produksi terbatas. Hutan jenis ini hanya boleh dieksploitasi untuk produksi kayu dalam skala kecil.

Penebangan harus berdasarkan izin pemerintah. “Kami telah berkoordinasi dengan Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan Jeneberang. Akibat penebangan ini membuat hutan menjadi rusak,” terang mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya tersebut.

Akibat perbuatan melawan hukumnya, para tersangka dijerat dengan Pasal 94, Pasal 84, dan Pasal 82 Undang-undang Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Mereka diancam hukuman paling lama 15 tahun penjara dan denda paling sedikit Rp 10 miliar.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan

Saksikan video menarik berikut ini:

Polres Gowa Bekuk 6 Orang Pelaku Pembalakan Liar