alexametrics

Kemenkominfo Terus Dorong Warga Ikut BPJS Kesehatan

2 Februari 2019, 15:25:53 WIB

JawaPos.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus menggencarkan sosialisasi program andalan pemerintah. Yakni, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Berdasarkan data, peserta BPJS Kesehatan mencapai 200 juta jiwa pada 2018. Diharapkan dengan sosialisasi yang dilakukan ke berbagai daerah, masyarakat semakin terdorong untuk ikut menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Direktur Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Wiryanta menyampaikan, tingginya jumlah peserta BPJS pada 2018 tidak terlepas dari gencarnya sosialisasi yang sudah dilakukan. Sehingga masyarakat memahami akan pentingnya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Kepesertaan BPJS memang sudah cukup tinggi. Tahun lalu tercatat ada 200 juta warga yang ikut dalam kepesertaan BPJS Kesehatan,” ungkap Wiryanta kepada JawaPos.com, Sabtu (2/2).

Selain BPJS Kesehatan mandiri, ada sebanyak 92 juta lebih warga yang dibiayai pemerintah pusat. Sedangkan peserta BPJS Kesehatan yang dibiayai APBD mencapai 31 juta warga. Meski begitu, Kemenkominfo terus berupaya mendorong jumlah kepesertaan BPJS.

“Kami memilih sosialisasi melalui budaya seperti wayang. Dengan media wayang, sosialisasi mengenai program unggulan pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla akan lebih mudah diterima masyarakat,” katanya.

Kepala Kantor BPJS Cabang Solo Agus Purwono menambahkan, saat ini jumlah kepesertaan BPJS di lima Kabupaten/kota di Solo Raya sudah mencapai 70 persen. Salah satu yang masih menjadi kendala dalam kepesertaan BPJS adalah letak geografis.

“Maka dari itu adanya sosialisasi seperti yang diadakan Kemenkominfo cukup bagus. Karena bisa menjangkau ke pedesaan. Kalau dari kami tidak mungkin harus melakukan sosialisasi sampai ke pelosok-pelosok,” ucapnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Ari Purnomo



Close Ads
Kemenkominfo Terus Dorong Warga Ikut BPJS Kesehatan