alexametrics

Cuaca Buruk, Bandara Samratulangi Alihkan Beberapa Pendaratan Pesawat

2 Februari 2019, 07:47:11 WIB

JawaPos.com – Kabar banjir terjadi di runway pesawat Bandara Sam Ratulangi Manado tidak benar. Hal ini diungkapkan Communication And Legal Section Head Angga Maruli. “Memang ada genangan tapi itu hanya karena curah hujan yang tinggi mengalir ke selokan di sisi service road, itupun hanya sebentar, langsung surut,” jelasnya.

Menurut dia saat dikonfirmasi pukul 17.30 WITA kemarin, tidak benar landasan tergenang. “Itu tidak benar, genangan di sisi service road itu pun tidak mengganggu operasional sama sekali,” ujarnya seperti dikutip Manado Post (Jawa Pos Group), Sabtu (2/2).

Dia memastikan air yang tergenang tersebut tidak sampai memasuki landasan. “Tidak sampai ke apron apalagi landasan,” sebutnya.

Dia mengakui memang ada beberapa pesawat yang kemudian tidak jadi landing di bandara. “Tapi sekarang (kemarin) sudah normal, yang dialihkan juga sudah landing di Manado, tapi itu karena faktor cuaca buruk dan bukan karena banjir,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang dapat, ada 3 kedatangan pesawat yang dialihkan; Wings Air IW 1173/Labuha-Ternate-Manado/STA 11:07/diverted Gorontalo (cuaca buruk), Garuda Indonesia GA 684/MAKASAR-MANADO/STA 12.00/Return to base (cuaca buruk). Lion Air JT 748/Jakarta-Surabaya-Manado/STA 12:33/diverted BALIKPAPAN (cuaca buruk)

Sementara ada dua pesawat kembali ke bandara asal dan 1 pesawat cancel penerbangan. Yaitu Wings Air IW 1162/Manado-Melonguane/STD 10:00/ETD 11:10 (alasan operasional). Wings Air IW 1172/Manado-Ternate-Morotai/STD 09:40/ETD 11:10 (alasan operasional). Wings Air IW 1182/Manado-Galela/STD 13:19 (cancel cuaca buruk).

Sementara itu, terkait kabar ada pesawat yang sempat hilang kontak tujuan Naha-Manado, dibantah pihak Airnav. Hal ini diungkapkan General Manager Airnav Indonesia Cabang Manado Danan Suseno. “Pesawat tersebut secara kontinyu terus dapat berkomunikasi dengan petugas ATC, dan secara kontinyu pula terpantau di radar monitor kami,” tandasnya.

Menurutnya yang ada adalah pesawat tersebut akhirnya dialihkan ke Gorontalo diakibatkan cuaca buruk. “Cuaca di Bandara tidak segera membaik saat itu, pilot akhirnya memutuskan untuk divert ke Gorontalo, artinya mereka mengalihkan pendaratan ke bandara alternatif,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : JPG

Cuaca Buruk, Bandara Samratulangi Alihkan Beberapa Pendaratan Pesawat