JawaPos Radar

Warga Malaysia 'Serbu' Sumatera Selatan

02/02/2018, 23:41 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kepala BPS Sumsel, Yos Rusdiansyah
Kepala BPS Sumsel, Yos Rusdiansyah (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) masih menjadi favorit kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Malaysia. Hal ini terbukti dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel dimana kunjungan wisman Malaysia tertinggi dibandingkan negara lainnya.

"Wisman yang kami himpun ini berkunjung melalui pintu masuk Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang," kata Kepala BPS Sumsel, Yos Rusdiansyah, Jumat (2/2).

Berdasarkan data BPS, di Bulan Desember 2017 jumlah wisman Malaysia yang berkunjung sebanyak 627 orang. Kemudian, diikuti wisman asal Singapura sebanyak 186 orang dan wisman dari Tiongkok sebanyak 42 orang.

"Kami tidak mengetahui pasti faktor ketertarikan wisman ini, tapi bisa jadi memang wisata, bisa juga pekerja sementara di Sumsel," terangnya.

Rusdiansyah menambahkan, di Bulan Desember 2017 wisatawan yang berkunjung ke Sumsel juga meningkat dibandingkan bulan November, dimana peningkatannya sebanyak 22,38 persen atau 233 wisatawan dari semula sebanyak 1.041 wisatawan di bulan November menjadi 1.274 wisatawan di bulan Desember.

Ia juga mengakui peningkatan bulan Desember 2017 ini lebih baik dibandingkan Desember tahun 2016 yang hanya 1.146 wisatawan yang berkunjung ke Sumsel.

"Kami berharap di tahun 2018 ini peningkatan terus terjadi ditambah lagi banyaknya event seperti Asian Games dan lain sebagainya," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up