alexametrics

Usai Diperpanjang, Penerapan Ganjil Genap Tak Ada Batas Akhir

2 Januari 2019, 06:50:47 WIB

JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan keputusan untuk tetap melanjutkan kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap. Aturan ini kembali diberlakukan mulai 2 Januari.

Plt Kadishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko menyatakan, sistem ganjil genap hanya kebijakan sementara, yang fokusnya meningkatkan pelayanan angkutan umum. Setelah ada perpanjangan sistem ganjil genap, pihaknya belum mengetahui sampai kapan diberlakukan.

“Kami akan terus melakukan monitoring dan evaluasi, sementara ini tidak bicara durasi waktunya,” tuturnya saat dimintai keterangan, Selasa (1/1).

Sebelumnya, kebijakan ini hanya diterapkan hingga 31 Desember 2018 saja. Hal itu menyusul adanya kegiatan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Sesuai pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemarin, Sigit pun menyatakan kembali akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait evaluasi yang dilakukan pertiga bulan sekali.

“Ganjil genap selama Asian Games dan Asian Para Games ini sudah menunjukkan progres yang baik, tidak hanya bicara masalah kecepatan dan volume lalu lintas, tapi yang positif adalah terkait peningkatan penggunaan angkutan umum,” jelasnya.

Sigit berharap dengan adanya perpanjangan implementasi ganjil genap dapat meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke angkutan umum. Sambil Pemprov DKI kian bersiap menyiapkan moda transportasi umum yang nyaman.

“Kebijakan ini juga didukung dengan rencana akan beroperasinya MRT tahap satu di bulan Maret, dan pengembangan layanan angkutan umum terintegrasi Jak Lingko,” kata Sigit.

Kebijakan ganjil genap akan dilanjutkan dengan rute dan waktu yang sama. Pemberlakuan pembatasan ada pada sembilan ruas jalan, yaitu Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jend Sudirman, Jalan Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan S Parman (simpang Jalan Tomang Raya- simpang Jalan KS Tubun), Jalan DI Panjaitan, dan Jalan Ahmad yani.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)


Close Ads
Usai Diperpanjang, Penerapan Ganjil Genap Tak Ada Batas Akhir