alexametrics

Pendonor Sedikit, Stok Darah AB di Kabupaten Malang Kosong

2 Januari 2019, 18:20:01 WIB

JawaPos.com – Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang mengalami kekosongan stok darah golongan AB hingga Rabu (2/1) siang.

Plt Kepala UTD PMI Kabupaten Malang, dr Bima Ariotjo menjelaskan kekosongan itu dikarenakan, rendahnya angka pedonor darah golongan AB di PMI Kabupaten Malang.

“Kami masih mengalami krisis golongan darah AB, jika boleh dikatakan demikian. Karena hingga siang ini belum ada pendonor yang mendonorkan darah berjenis AB,” kata Bimo ditemui di ruangannya, Rabu (2/1).

Pendonor Sedikit, Stok Darah AB di Kabupaten Malang Kosong
Donor darah di PMI Kabupaten Malang (Tika Hapsari/JawaPos.com)

Berdasarkan data yang dipaparkan olehnya, saat ini untuk golongan darah A hingga Rabu siang, sudah terkumpul 60 kantong. Sedangkan untuk golongan O jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan A. Jumlah stok darah golongan O sebnanyak 47 kantong.

Kemudian, lanjut dia, untuk golongan darah B mereka memiliki stok 11 kantong. Data yang dipaparkan, merupakan data terbaru hari ini. Artinya, besok bisa jadi mengalami perubahan jumlah kantong darah.

Bimo menambahkan, jumlah pemilik darah golongan AB memang relatif sedikit. Meski begitu, pihaknya terus menggalakkan kegiatan donor darah.

Salah satunya dengan menggandeng kelompok masyarakat penyelenggara donor darah. Selain itu juga aktif keliling untuk melakukan donor darah mobile. Biasanya, menyasar ke sekolah-sekolah.

“Kelompok masyarakat juga sering menggelar aksi donor darah. Mereka hanya perlu menyiapkan tempat dan kami peralatannya,” imbuhnya.

Dalam sebulan, kata dia, mereka membutuhkan 2.300 kantong darah. Kantong darah ini, tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan di Kabupaten Malang saja. Melainkan juga untuk Malang Raya, Blitar bahkan Tulungagung.

Meski mengalami krisis golongan darah tertentu, namun ia mengaku di UTD PMI Kabupaten Malang tidak pernah mengalami kekurangan darah. Atau harus mencari pendonor pengganti agar mempertahankan jumlah tetap stabil.

“Kami memang tidak pernah kekurangan. Namun tetap kami imbau agar para masyarakat mendonorkan darahnya. Partisipasi masyarakat kami harapkan,” tandas dia.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (tik/JPC)



Close Ads
Pendonor Sedikit, Stok Darah AB di Kabupaten Malang Kosong