alexametrics

Liburan, Obyek Wisata Semarang Kebanjiran Pengunjung

2 Januari 2019, 20:04:25 WIB

JawaPos.com – Musim libur Natal dan Tahun Baru kemarin menjadi momentum bagi sejumlah obyek wisata di Kota Semarang untuk menyedot jumlah kunjungan. Beberapa lokasi bahkan mencatatkan kenaikan angka kedatangan pengunjung yang cukup pesat.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, kenaikan angka pengunjung tercatat pada sejumlah obyek wisata milik Pemkot. Seperti Semarang Zoo dan Hutan Wisata Tinjomoyo.

“Dalam data yang dilaporkan oleh direktur Taman Satwa (Taman Margasatwa Mangkang atau Semarang Zoo), ada kenaikan pengunjung hingga enam kali lipat pada periode 23 Desember 2018 sampai satu Januari 2019,” kata Wali Kota yang akrab disapa Hendi tersebut, Rabu (2/1).

Tak hanya dibanding hari biasa, kenaikan jumlah kunjungan ini juga terlihat apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. “Di Hutan Wisata Tinjomoyo juga begitu, ada kenaikan sekitar empat kali lipat,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Industri Pariwisata Disbudpar Kota Semarang, Samsul Bahri Siregar membeberkan secara detail. Bahwa pada musim liburan kemarin ini, angka kunjungan di Semarang Zoo menembus 66.913 pengunjung.

“Tertinggi pada tanggal satu Januari 2019 kemarin. Yang tahun kemarin hanya ada sekitar empat ribu pengunjung dalam satu hari, melonjak hingga lebih dari 25 ribu pengunjung,” ungkap pria yang juha menjabat sebagai Direktur Taman Satwa Kota Semarang ini.

Ia pun meyakini, jika Semarang Zoo mampu meraup pemasukan hampir Rp 1,2 miliar pada momen ini. Begitu pula dengan Hutan Wisata Tinjomoyo, “Contohnya pada Tahun 2017 dalam satu tahun hanya dikunjungi sebanyak 9.409 wisatawan, sedangkan pada tahun 2018 mencapai 38.386 kunjungan wisata,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)


Close Ads
Liburan, Obyek Wisata Semarang Kebanjiran Pengunjung