alexametrics

Kenaikan Tiket Pesawat dan Bawang Merah Picu Inflasi Sumbar

2 Januari 2019, 19:36:38 WIB

JawaPos.com – Sepanjang Desember, tingkat inflasi Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bertengger di angka 0,16 persen. Kenaikan tiket pesawat mendominasi laju inflasi di penghujung 2018.

Sedangkan di Kota Bukittinggi,  inflasi dipicu kenaikan harga bawang merah hingga 28,81 persen. Lalu, kenaikan harga daging ayam ras yang mencapai angka 13,10 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar Sukardi mengatakan, kenaikan harga sejumlah bahan pokok memang turut mempengaruhi inflasi. Namun, paling dominan adalah kenaikan harga angkutan udara.

“Kenaikan tiket pesawat yang mencapai 26,19 persen, paling besar menyumbang inflasi. Sedangkan dari bawang merah hanya 8,65 persen dan daging ayam ras 8,89 persen. Tapi, secarw menyeluruh, inflansi masih dalam kisaran nol persen sampai akhir tahun,” kata Sukardi di Padang, Rabu (2/1).

Menurut Sukardi, jika dihitung dari awal tahun, inflasi Kota Padang hingga bulan Desember tercatat sebesar 2,55 persen. Sedangkan di Bukitinggi mencapai 2,99 persen.

Selain kenaikan harga, beberapa komoditas juga mengalami penurunan harga di Kota Padang. Seperti cabai merah sebesar -12,82 persen, kelapa sebesar -9,85 persen dan petai sebesar -18,03 persen di Kota Padang. 

Sedangkan di Bukittinggi, cabai merah mengalami penurunan harga sebesar -7,94 persen dan jengkol sebesar -18,44 persen. “Inflasi cukup terkendali. Yang diharapkan adalah inflansi rendah dengan kondisi yang stabil,” sebutnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (rcc/JPC)



Close Ads
Kenaikan Tiket Pesawat dan Bawang Merah Picu Inflasi Sumbar