alexametrics

Kasus Mutilasi dan Baku Tembak di Sausu Tak Pengaruhi Poso

2 Januari 2019, 16:59:07 WIB

JawaPos.com – Kasus mutilasi yang terjadi di desa Salubanga kecamatan Sausu kabupaten Parigi Motong, Sulawesi Tengah (Sulteng), dengan korban berisial A, 30, yang berujung baku tembak antara polisi dengan orang tak dikenal (OTK) diduga kelompok mujahidin indonesia timur (MIT) pimpinan Ali Kalora pada senin (31/12) tidak memengaruhi kemanan dan ketertiban di Poso.

Sampai dengan Selasa (1/1) kemarin, situasi Poso tetap aman dan kondusif. Aktivitas masyarakat pun terpantau lancar seperti biasa. Salah satu buktinya, malam pergantian tahun 2018-2019 di Poso berlangsung meriah. Lautan masyarakat tumpah ruah memadati jalan dan alun-alun lapangan sintuwu maroso untuk merayakan pergantian tahun.

“Poso tetap aman damai. Alhamdulillah,” aku Suprianto, warga Kota Poso sebagaimana dikutip dari Radar Sulteng (Jawa Pos Group). Ia mengaku tidak tahu persis soal cerita kasus mutilasi yang terjadi di Sausu. Demikian juga dengan aksi baku tembak antara polisi dengan OTK diduga kelompok MIT saat proses evakuasi terhadap A dilakukan.

“Sekadar dengar dari orang ba cerita saja,” ungkap Suprianto. Tapi, lanjutnya, apa yang terjadi di Sausu tersebut, tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat Poso. “Sepertinya tidak akan berdampak ke Poso. Sedangkan yang kejadiannya di Poso saja tidak berdampak, apalagi yang kejadiannya di luar,” ujar dia, diamini warga lain.

Sebagaimana kebanyakan orang, Suprianto juga berharap kasus mutilasi di Sausu segera terungkap dan pelakunya ditangkap untuk proses hukum yang berlaku. 

Diberitakan sebelumnya, telah terjadi kasus mutilasi di desa Salubanga kecamatan Sausu dengan korban berinisial A, suku Toraja, yang berprofesi sebagai penambang emas tradisional di pegunungan Sausu. Jasad korban mutasi ditemukan pada Minggu (30/12). Saat polisi akan melakukan evakuasi, tiba-tiba ditembaki OTK hingga terjadi aksi baku tembak. 

Penembakan OTK mengenai anggota Resmob Polda Sulawesi Tengah Bripka Andrew Maha Putra dan anggota Satuan Intelkam Polres Parigi Moutong Bripda Baso. Andrew terluka di bagian punggung dan kaki kanan. Sementara Baso terluka tembak di bahu kiri dan bokong. Penembakan terjadi saat mobil petugas yang hendak mengevakuasi korban terhalang kayu dan ranting pohon. Saat anggota mencoba membersihkan kayu tersebut tiba-tiba ditembak orang tak dikenal dari arah belakang.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : (fab/jpg/JPC)



Close Ads
Kasus Mutilasi dan Baku Tembak di Sausu Tak Pengaruhi Poso