JawaPos Radar

Kunjungan Pulau Mubut Darat Anjlok

02/01/2018, 15:16 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pulau Mubut Darat
SEPI: Jumlah pengunjung di Pulau Mubut Darat, Kelurahan Sembulang, Batam, Kepri (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Mubut Darat, Kelurahan Sembulang, Batam, Kepri, pada libur tahun baru 2018 turun drastis.

Jika sebelumnya bisa mencapai 1.600 orang, kini pengunjung yang datang sewaktu liburan akhir tahun hanya sekitar 700 wisatawan.

Faktor cuaca disinyalir menjadi penyebab penurunan kunjungan wisatawan ke kawasan wisata ini. Memang curah hujan yang cukup tinggi terus mengguyur kawasan Batam dan sekitarnya dalam beberapa hari belakangan.

Pulau Mubut Darat
Wisatawan sedang menikmati keindahan Pantai Mubut Darat (Bobi Bani/JawaPos.com)

"Kalau hujan begini kita tak bisa apa-apa, orang mau datang juga tak leluasa. Apalagi gelombang juga agak tinggi kalau akhir tahun begini," kata pengelola kawasan wisata Pulau Mubut Darat Muhammad Daud, kepada JawaPos.com, Senin (1/1).

Daud menjelaskan, guna menyambut libur tahun baru 2018 ini, pihaknya telah mempersiapkan berbagai kelengkapan penunjang untuk menarik wisatawan. Beberapa spot foto baru, dihadirkan untuk memfasilitasi pengunjung yang datang. Namun jumlah weisatawan yang datang meleset dari perkiraannya.

Jumlah kunjungan wisata pada libur tahun baru ini bahkan lebih sedikit dibandingkan libur natal 2017 beberapa hari yang lalu. Pada momen natal tersebut, kata Daud, pengunjung yang datang mencapai 900 orang hanya dalam sehari.

"Libur natal kemarin malah lebih banyak, memang waktu natal kemarin cuaca masih bagus" katanya.

Hujan yang mengguyur selama beberapa hari ini memang menurunkan jumlah kunjungan wisatawan, namun demikian pihaknya tetap bisa mengambil keuntungan, karena pengunjung yang datang kebanyakan menempati fasilitas pondok-pondok yang disewakan.

Ia mengaku juga telah mempersiapkan lokasi untuk pengunjung berteduh apabila hujan. Fasilitas ini diberikan secara gratis bagi pengunjung yang datang. "Kita sediakan aula juga buat yang tidak menyewa pondok, kalau hujan mereka bisa langsung berteduh," jelasnya lagi.

Pantauan JawaPos.com di kawasan wisata ini, hujan memang terus mengguyur. Meskipun sempat berhenti beberapa jam menjelang pergantian tahun, hujan kembali mengguyur kawasan ini pada pagi harinya.

Namun, menjelang siang cuaca terlihat cerah diiringi kedatangan pengunjung yang mulai memadati kawasan ini. Cuaca cerah ini pun dimanfaatkan pengunjung untuk bermain air dan berfoto di beberapa spot yang memang telah disediakan

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up