alexametrics

Awas! Buang Sampah Sembarangan Didenda Rp 50 juta

2 Januari 2018, 22:11:50 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tidak main-main untuk menjadikan Kota Palembang menjadi bersih. Bahkan, Pemkot Palembang akan menerapkan sanksi berupa denda Rp 50 juta atau kurungan penjara selama tiga bulan kepada warga yang membuang sampah sembarangan.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan pemberlakuan sanksi terkait larangan membuang sampah sembarangan tersebut tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2015 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenisnya.

“Ini tujuannya agar masyarakat lebih disiplin untuk menjaga kebersihan,” katanya saat ditemui di Pemkot Palembang, Selasa (2/1).

Sejauh ini, pihaknya selalu memantau aktifitas warga Palembang melalui Command Center Lawang Jabo di Lantai Tiga Kantor Pemkot Palembang.

Harnojoyo mengaku ada enam unit CCTV yang dipasang di pusat kota seperti di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Pasar Tradisional 16 Ilir, Simpang Lima DPRD Palembang, Simpang Lampu Merah Rumah Sakit (RS) Charitas, Masjid Agung Palembang dan Jalan Kapten A Rivai Palembang.

“Jika nantinya terekam di CCTV Command Center ini maka kami akan mengutus petugas untuk mendatanginya dan langsung ditindak,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya selalu mencanangkan untuk menjaga kebersihan bahkan pihaknya sejak empat tahun terakhir menggelar program gotong royong. Hal ini tujuannya agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan.

“Kami akan selalu melanjutkan program gotong royong ini kedepannya,” tutup dia.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (lim/JPC)


Close Ads
Awas! Buang Sampah Sembarangan Didenda Rp 50 juta