alexametrics

2018, Disdag Revitalisasi Dua Pasar

2 Januari 2018, 06:55:51 WIB

JawaPos.com – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo akan merevitalisasi dua pasar tradisional di tahun 2018 ini, diantaranya Pasar Jebres dan juga Pasar Klewer sisi timur.

Selain melakukan revitalisasi, Disdag juga akan melakukan perbaikan di lima pasar tradisional lainnya seperti Pasar Gede sisi timur, pasar Hardjodaksino dan tiga pasar tradisional lainnya.

Demikian seperti disampaikan Kepala Disdag Subagiyo kepada JawaPos.com, Senin (1/1). 

Lebih lanjut mantan Kepala Satpol PP itu menjelaskan, untuk anggaran yang akan digunakan sudah disiapkan. Seperti untuk Pasar Klewer, pihaknya sudah mengajukan anggaran ke Pemerintah Pusat sebesar Rp 48 miliar.

“Anggaran yang kami ajukan ini masih sama seperti tahun lalu,” katanya.

Sedangkan untuk Pasar Jebres, sebesar Rp 19,5 miliar. Dari kebutuhan anggaran tersebut, Rp 13,5 miliar merupakan bantuan dari APBD Provinsi.

Untuk rehab Pasar Gede anggarannya mencapai Rp 1 miliar, dan untuk pemeliharaan empat pasar lainnya sebesar Rp,1,2 miliar.

“Semuanya sudah kami siapkan termasuk detail engineering design (DED),” ucapnya.

Subagiyo menambahkan, masih ada sejumlah pasar tradisional lainnya yang juga perlu direvitalisasi atau pun perbaikan. Diantaranya, Pasar Ledoksari, Tunggulsari, Penumping, Purwosari dan empat pasar lainnya.

“Semuanya kami rencanakan di tahun 2019. Jadi setiap tahun ada pembangunan pasar tradisional,” tandasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, penataan dan juga revitalisasi pasar tradisional menjadi langkah tepat untuk menjaga eksistensi pasar tradisional.

Maka dari itu, Pemkot akan terus melakukan perbaikan di semua pasar tradisional.

“Kami sudah menemukan permasalahannya yakni di penataan dan kondisi pasar, maka harus direvitalisasi,” katanya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo berjanji siap membantu kebutuhan anggaran Pemkot Solo untuk pasar tradisional. “Kalau butuh dana bilang saja ke saya,” katanya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)


Close Ads
2018, Disdag Revitalisasi Dua Pasar