alexametrics

KRI Bima Suci Bersama Taruna AAL Kunjungi Pulau Miangas

1 Desember 2020, 11:21:08 WIB

JawaPos.com–Kapal KRI Bima Suci yang membawa taruna Akademi TNI AL pada Pelayaran Latihan Kartika Jala Krida (KJK) 2020 mengunjungi Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Itu adalah pulau paling utara di Indonesia di Kepulauan Nanusa, Sulawesi Utara, yang berbatasan langsung dengan perairan Filipina di Pulau Mindanao dan sisi timur Samudera Pasifik.

Komandan Pangkalan TNI AL Melonguane Letnan Kolonel Marinir Adi Sucipto seperti dilansir dari Antara di Pulau Karakelong, Sulawesi Utara, mengatakan senang dan bangga atas kunjungan KRI Bima Suci. Selain berkunjung, rombongan KRI Bima Suci juga memberikan perhatian terhadap prajurit TNI AL yang bertugas di pulau kecil terluar di wilayah perbatasan dengan berbagai keterbatasan saat melaksanakan tugas.

Pangkalan TNI AL Melonguane adalah pangkalan TNI AL paling utara. Itu juga kedatangan pertama kali KRI Bima Suci ke Pulau Miangas melalui pelayaran Operasi KJK Dalam Negeri 2020.

”Walaupun hanya kunjungan singkat, namun yakin para taruna AAL yang turut berkunjung akan mendapatkan pengalaman dan kesan yang baik di mana akan sangat bermanfaat bagi para calon perwira TNI AL itu,” terang Adi Sucipto.

Dia mengatakan, apabila saat menjadi taruna, mereka sudah diberikan pengalaman pelayaran dan meninjau berbagai daerah di Indonesia, termasuk di pulau-pulau terluar Indonesia. Dengan demikian, mereka memiliki gambaran bagaimana tantangan penugasan yang akan mereka hadapi kelak saat menjadi perwira dan bertugas di lapangan di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di wilayah perbatasan.

”Suatu saat di antara mereka kemungkinan ada yang akan menjadi penerus saya menjadi komandan Pangkalan TNI AL Melonguane yang akan memimpin prajurit TNI Angkatan Laut dengan wilayah kerja berupa daerah kepulauan dengan laut yang luas di wilayah perbatasan ini,” kata Adi Sucipto.

Dia menambahkan, dengan pengalaman serta melihat dan mengalami langsung bagaimana tantangan tugas yang ada, pihaknya yakin mereka bisa akan lebih baik dan tangguh.

Kedatangan KRI Bima Suci dan para taruna-taruni AAL itu disambut Sucipto beserta Ketua Cabang 7 Korcab VIII Jalasenastri Pangkalan TNI AL Melonguane Lentina Adi Sucipto, para personel TNI AL, termasuk anggota pos TNI AL Miangas, perwakilan pejabat Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud, unsur TNI-Polri serta tokoh adat dan masyarakat Pulau Miangas.

Guna pengamanan dan menyambut kedatangan KRI Bima Suci itu, Sucipto mengerahkan, KAL Pulau Karakelang II-VIII-30, sea raider beserta Tim Laut Second Fleet Quick Response (SFQR) Pangkalan TNI AL Melonguane dari Markas Komando Pangkalan TNI AL Melonguane di Melonguane Pulau Karakelang. Pengamanan dan penyambutan KRI Bima Suci dilaksanakan sejak berada di perairan Pulau Miangas hingga kapal latih tiang tinggi TNI AL itu diikat di dermaga dan para rombongan tiba di dermaga Pulau Miangas.

Setibanya di dermaga Komandan KRI Bima Suci Letnan Kolonel Laut (P) Waluyo beserta rombongan termasuk perwakilan taruna AAL disambut secara adat oleh Mangkubumi Miangas dan diterima Sucipto beserta pejabat daerah yang hadir.

Setelah penyambutan di dermaga Pulau Miangas, rombongan komandan KRI Bima Suci beserta perwakilan taruna AAL mendatani Pos TNI AL Miangas di mana beberapa prajurit Pangkalan TNI AL Melonguane bertugas menjaga perbatasan di wilayah paling utara NKRI.

Kunjungan rombongan Waluyo di Pos TNI AL Miangas disertai dengan penyerahan bantuan sembako kepada anggota pos TNI AL Miangas, pertukaran cendera mata antara Waluyo, perwira pengasuh taruna AAL, Sucipto dan perwakilan pejabat Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud dan dilanjutkan diskusi dan ramah tamah.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Close Ads