alexametrics

Pelayanan RSUD dr. Soetomo Setara RS di Singapura

1 Desember 2018, 16:29:09 WIB

JawaPos.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo mengantongi sertifikat Academic Medical Center Hospital dari Joint Commision Internasional (JCI). Artinya, semua pelayanan medis di RSUD dr Soetomo sudah berstandar internasional.

Sertifikasi itupun diharapkan mendongkrak popularitas RSUD dr. Soetomo di mata dunia. Sehingga pasien asal Indonesia atau warga negara asing (WNA) tidak perlu khawatir jika ingin berobat ke RSUD dr. Soetomo.

Kepala Humas RSUD dr Soetomo dr. Pesta Parulian mengatakan, mulai dari SOP penanganan pasien dan tenaga medis sudah bertaraf internasional. Termasuk sarana dan prasarana medisnya.

“Artinya sama seperti, katakanlah rumah sakit di Singapura yang juga punya sertifkat JCI. Nah, di sana (RS di Singapura) dikerjakan seperti ini. Kami pun sama. Sesuai dengan standar yang ditentukan,” kata Pesta kepada JawaPos.com, Sabtu (1/12).

Selain tenaga medis, pelayanan, sarana dan prasarana, kemampuan penanganan jenis penyakit di RSUD dr. Soetomo juga berstandar internasional. Termasuk penyakit yang masuk dalam kategori sub spesialistik, penanganannya sama seperti di rumah sakit internasional lain.

Contohnya, penyakit yang diderita mayoritas penduduk negara tropis dan degeneratif. Antara lain kanker, kelainan kromosom, faktor usia, diabetes, hingga kelainan organ genital.

Dengan sertifikasi dari JCI, tidak menutup kemungkinan akan ada tenaga medis asing yang ingin bekerja di RSUD dr. Soetomo. Namun hal itu bukan menjadi prioritas.

Pesta menegaskan, jumlah tenaga medis di RSUD dr. Soetomo sudah memenuhi standar sebuah rumah sakit kelas A. Kedepan, pihak rumah sakit akan membangun beberapa fasilitas medis lainya.

Antara lain gedung Pusat Onkologi Terpadu, pusat transplan Surabaya, hingga Pusat Pelayanan Jantung Terpadu yang akan beroperasi 2019. “Tenaga medis kami banyak. Profesor-prosefor kami andal. Makanya kami tingkatkan kualitas,” tutur Pesta.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)


Close Ads
Pelayanan RSUD dr. Soetomo Setara RS di Singapura