alexametrics

Dongkrak Kinerja, ASN Pemprov Jateng Akan Disediakan Rumah

1 Desember 2018, 21:05:26 WIB

JawaPos.com- Guna menunjang kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya menyediakan rumah bagi mereka. Lahannya akan menggunakan aset milik Korpri Jateng yang berada di Kota Semarang.

Kepala Seksi Perumahan Umum Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Jateng Suprapta mengatakan, para ASN sudah sepantasnya memiliki rumah berstandar layak huni. Sehingga bisa berkonsentrasi bekerja memberikan pelayanan terbaiknya.

“Kami akan mencoba aset-aset yang bisa diperuntukan untuk perumahan tapi khusus untuk ASN. Seperti perintah presiden, ASN harus punya rumah, kami akan siapkan,” ujarnya, Sabtu (1/12).

Pembangunannya, bakal dilakukan secara bertahap. Mengambil tempat aset milik Korpri Jateng yang berada di jantung Kota Semarang yang diperkirakan muat untuk sekitar 200 unit.

“Korpri punya lahan di Bangetayu, nanti bisa untuk 200 unit. akan dibangun secara bertahap tahun 2019 nanti. Tipenya sama dengan rumah subsidi yaitu tipe 36,” sambungnya.

Kendati demikian, rumah tersebut diperuntukkan bagi ASN lingkungan pemerintah provinsi terlebih dahulu. Dan dijadikan pilot project untuk kemudian diterapkan ke tingkat lainnya jika sukses. “Kami sosialisasikan ke kabupaten kota, nanti untuk ASN pemprov dulu,” ujarnya.

Soal pembiayaan, Suprapta mengatakan, akan memanfaatkan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) milik masing-masing ASN. Selain itu juga bisa tanpa uang muka alias DP nol persen.

“Selama ini ASN itu setiap bulan gajinya dipotong untuk Tapera, nanti subsidinya dari situ. Bagi ASN nanti pakai tabungan itu, bisa jadi tidak bayar. Atau bisa untuk uang muka, jadi DP 0 persen,” tutupnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (gul/JPC)



Close Ads
Dongkrak Kinerja, ASN Pemprov Jateng Akan Disediakan Rumah