alexametrics

Perwira TNI Tewas Ditembak Kelompok Bersenjata

1 Desember 2015, 21:47:00 WIB

JawaPos.com – Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1712/Sarmi Letkol Anumerta Jhon E Defretes ditemukan tewas di Kampung Namuni, Distrik Namunaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Senin (30/11).    

Sebelumnya Jhon terlibat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat melakukan tugas pembinaan wilayah di Kampung Namuni. Menurut Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian, jenazah korban ditemukan tim gabungan TNI-Polri, Selasa (1/12) pagi sekitar pukul 08.30 WIT. 

“Jenazahnya ditemukan di lokasi di mana almarhum bersama dua anggota yaitu Kopda Simon Sopacua dan Kopda Afan dicegat KKB,” ungkap Pangdam Hinsa Siburian kepada wartawan usai pelepasan jenazah di Lanud Jayapura, Sentani, Selasa (1/12). 

Pangdam mengatakan, sebelum menjalankan tugas korban berkoordinasi dengan Kapolres Mamberamo Raya untuk melakukan pemantauan di Kampung Namuni. Namun saat berangkat, kapolres masih bertugas menyelesaikan masalah di tempat lain. 

"Sehingga almarhum bersama dua rekannya duluan ke Kampung Namuni. Tujuan almarhum ke Kampung Namuni yaitu mendampingi kapolres melakukan pemantauan atau pembinaan wilayah di kampung tersebut,” ungkap Hinsa.

Terkait penembakan ini, pangdam mengaku telah berkoordinasi dengan Polda Papua untuk mencari para pelaku. Penambahan personel ini juga dilakukan untuk melakukan pengamanan pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Mamberamo Raya. 

Jenazah almarhum tiba di Bandara Sentani, Jayapura dari Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, menggunakan Trigana Air. Jenazah disambut langsung Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian, keluarga almarhum dan sejumlah rohaniawan. 

Jenazah selanjutnya diterbangkan ke Magelang untuk dimakamkan. Pelepasan jenazah ini dipimpin langsung Pangdam  XVII/Cenderawasih. (bet/nat/hsn/JPG) 

Editor : husain


Close Ads
Perwira TNI Tewas Ditembak Kelompok Bersenjata