alexametrics

Disidak Wali Kota, Tempat Hiburan Mendadak Sepi

1 November 2018, 18:38:07 WIB

JawaPos.com – Biasanya, inspeksi mendadak (sidak) tempat hiburan malam dilakukan satpol PP. Tapi, di Banjarmasin sang Wali Kota Ibnu Sina turun langsung. Selasa malam (30/10) dia menyidak beberapa tempat hiburan malam di ibu kota Kalimantan Selatan tersebut.

Lima tempat disambanginya. Dua hotel di kawasan Djok Mentaya, dua tempat karaoke di Jalan Skip Lama, dan hotel di Jalan Ahmad Yani, Banjarmasin. Ibnu tak sendirian. Dia ditemani Wakil Wali Kota (Wawali) Banjarmasin Hermansyah.

Saat Ibnu datang, para manajer tempat hiburan malam ternyata sudah menanti. Mereka lalu menemani Ibnu untuk berkeliling. Melihat bar, ruang karaoke, dan kelab. Ada yang terasa janggal. Tempat-tempat hiburan itu mendadak sepi. Meja bar juga sudah bersih. Hanya tersisa beberapa botol minuman keras.

Kepada pengelola, Ibnu lebih banyak menanyakan perihal kelengkapan izin usaha. Ibnu sedikit kecewa karena izin penginapan tidak ditempelkan di meja resepsionis saat sidak di salah satu hotel di Djok Mentaya. “Izin hotel semestinya dipajang di tempat yang bisa dilihat oleh siapa pun,” ujarnya.

Sebagai teguran, pemilik hotel diminta melapor ke kantor satpol PP. Di luar itu, Ibnu lebih banyak menyapa pengunjung kelab malam dan karaoke. Menanyakan asal dan pekerjaannya. Dia juga sempat bertanya kepada para pengelola tempat hiburan malam soal keberadaan perempuan penghibur. Takut izinnya dicabut, semua pengelola selalu menjawab serupa: tidak menyediakan perempuan penghibur.

Sidak tersebut begitu “hangat”. Tidak ada penggeledahan. Hanya obrolan santai. “Sejak awal saya sudah tegaskan kepada anggota satpol PP, tidak boleh ada aksi-aksi penggeledahan,” katanya.

Lalu, mengapa melakukan sidak kalau seperti itu? “Ya, kami memang mengincar pelanggaran seperti minuman beralkohol atau narkotika. Tapi, sidak kali ini lebih persuasif, bukan penindakan,” imbuhnya.

Bagi Ibnu, kunjungannya lebih untuk mengecek apakah para pengusaha hiburan di Banjarmasin sudah mengikuti program pajak online atau belum. “Target saya, tahun depan semua sudah online,” sebutnya. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (fud/at/nur/JPG/c6/fim)

Saksikan video menarik berikut ini:


Disidak Wali Kota, Tempat Hiburan Mendadak Sepi