alexametrics

Sering Bikin Onar, Dua Napi dari Jatim Dipindah ke Nusakambangan

1 Oktober 2021, 15:08:45 WIB

JawaPos.com–Dua orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) dipindahkan ke Lapas Kelas 2A Karanganyar di Nusakambangan. Mereka adalah IP, dari Lapas Jember dan SA dari Lapas Banyuwangi.

Pemindahan itu diputuskan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur (Kanwil Kemenkumham Jatim) setelah peristiwa penganiayaan IP pada seorang tahanan di dalam lapas tersebut. Usai sidang tim pengamat pemasyarakatan, IP dipindahkan pada Rabu (29/9). Sebelum dipindahkan, IP dan 7 orang lainnya sempat dipindah ke Lapas Kelas 2A Banyuwangi. Penyebabnya pun serupa, yakni kerap membuat onar.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Krismono menilai, IP adalah narapidana berisiko tinggi. Karena itu, pihaknya melakukan pemindahan ke Lapas Kelas 2A Karanganyar yang merupakan lapas high risk.

IP adalah residivis. Dia sudah 2 kali keluar masuk Lapas. Selama berada di lapas, IP sering berbuat onar. Beberapa yang dilakukannya adalah melakukan penganiayaan dengan beragam alasan dan modus.

”Demi menjaga kondisi keamanan dan ketertiban, yang bersangkutan (IP dan SA) dipindahkan ke Nusakambangan,” kata Krismono pada Jumat (1/10).

Berdasar catatan Kanwil, IP telah menganiaya rekan sesama tahanan berinisial AM di Lapas Kelas 2A Jember. Penganiayaan itu dilakukan pada Sabtu (4/9). Dalam peristiwa itu, AM ditarik paksa oleh IP. AM dituduh sebagai mata-mata polisi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: