alexametrics

Ridwan Kamil Siapkan Rp 2 Miliar untuk Korban Gempa di Sulteng

1 Oktober 2018, 13:40:48 WIB

JawaPos.com – Bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah terus terkumpul. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat juga ikut menyumbangkan dana bantuan kemanusiaan untuk para korban gempa.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya menyiapkan dana bantuan sebesar Rp 2 miliar. Dana tersebut saat ini tengah disiapkan untuk segera disalurkan. 

“Kami siapkan dana bantuan kemanusiaan sebesar Rp 2 miliar dari Pemprov Jawa Barat untuk korban gempa di Donggala dan Palu,” kata Kang Emil sapaan akrabnya, Senin (1/10).

Selain dana bantuan, pihaknya juga siap mengirim berbagai bantuan untuk meringankan derita para korban. Bahkan beberapa hari lalu, Kang Emil telah mengirim tim menuju Palu dan Donggala untuk memetakan kondisi tanggap darurat, dan menggambarkan bantuan yang dibutuhkan para korban.

“Kami siapkan juga bantuan lainnya. Kami telah mengirim tim untuk memetakan bantuan apa saja yang dibutuhkan untuk korban,” ucapnya.

Sebelumnya, Kang Emil bersama dengan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jawa Barat menggelar salat gaib, pada Senin (1/10) pagi tadi. Mereka mendoakan para korban gempa di Donggala dan Palu.

Seperti diketahui gempa 7,4 skala richter dan tsunami menerjang Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9) lalu. Tercatat hingga Minggu (30/9) siang jumlah korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah ada 832 orang meninggal dunia.

“Terdiri di Kota Palu 821 orang dan di Kabupaten Donggala 11 orang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Pramuka, Jakarta, Minggu, (30/9).

Dia menerangkan, penyebab korban meninggal dunia karena tertimpa bangunan yang roboh saat gempa dan juga akibat diterjang tsunami. Korban meninggal dunia tersebut segera dimakamkan secara masal, hari ini.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (ona/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ridwan Kamil Siapkan Rp 2 Miliar untuk Korban Gempa di Sulteng