alexametrics

Pernah Diguncang Gempa, Pemkot Padang Galang Dana untuk Warga Sulteng

1 Oktober 2018, 15:31:03 WIB

JawaPos.com- Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) ikut berbelasungkawa atas musibah gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan Sulewesi Tengah (Sulteng). Sebagai daerah yang pernah porak-poranda karena gempa sembilan tahun lalu, masyarakat Padang ikut merasakan kepedihan para korban.

Wujud empati itu disalurkan melalui penggalangan dana. Pemkot Padang memang tidak mengirimkan rendang ke Sulteng, namun mereka mengumpulkan uang. Menariknya, secara simbolis, uang kemanusiaan itu dikumpulkan pada tanggal 30 September, kemarin.

Tanggal itu, saat tahun 2009, adalah tanggal yang sama saat Padang diguncang gempa bumi. Tanggal itu juga diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang.

Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi mengatakan, hasil penggalangan dana yang dihimpun oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Asnel, terkumpul sebesar Rp113 juta. “Kami kumpulkan bantuan uang saja. Mulai dari  SKPD, pribadi warga hingga kelompok masyarakat,” ujar Edi, Senin (1/10).

Menurut Edi, aksi itu merupakan tindaklanjut dari imbauan Wali Kota Padang tentang penggalangan donasi untuk korban gempa Palu dan Donggala. “Mudah-mudahan bantuan terus mengalir untuk korban bencana Palu,” harapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel mengatakan, peringatan gempa 2009 bukan membuka luka lama. Namun, lebih untuk mengambil hikmah dan pelajaran di setiap bencana. Harus disadari, kesiapsiagaan terhadap bencana adalah sebuah keharusan.

Pemkot Padang sendiri, terang Asnel, menargetkan bantuan gempa dan tsunami untuk warga Palu sebesar Rp1,5 miliar. “Gempa Lombok, Palu dan Donggala semakin memantapkan semangat kita untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam bencana,” kata Asnel

 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (rcc/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Pernah Diguncang Gempa, Pemkot Padang Galang Dana untuk Warga Sulteng