alexametrics

Kodam IV/ Diponegoro Kirim Dua Helikopter untuk Evakuasi Korban Gempa

1 Oktober 2018, 14:31:43 WIB

JawaPos.com- Sebanyak dua unit helikopter dikirimkan dari Markas Komando Daerah Militer IV/ Diponegoro Semarang ke Sulawesi Tengah. Sepasang heli itu dipakai untuk membantu evakuasi para korban gempa.

Pangdam IV/ Diponegoro Mayjend Wuryanto menjelaskan, kedua heli telah dikirim, Minggu (30/9). “Sudah dikirim membantu evakuasi dan menyalurkan logistik untuk daerah yang sulit dijangkau,” ujarnya saat dijumpai di markasnya, Senin (1/10).

Tak hanya Kodam IV/ Diponegoro saja, Wuryanto menyebut instansi TNI di daerah lain yang memiliki helikopter juga mengambil langkah serupa. Tujuannya, agar proses evakuasi bisa dipercepat. Selain itu, juga untuk mendukung kinerja satuan tim cepat tanggap.

Kodam IV/ Diponegoro Kirim Dua Helikopter untuk Evakuasi Korban Gempa
Infografis gempa bumi Palu dan Donggala. (Rofiah Darajat/ JawaPos.com)

Wuryanto melanjutkan,saat ini pihaknya juga sedang menggalang dana untuk bantuan logistik. Mereka bekerja sama dengan instansi lain. Seperti Pempov dan Polda Jawa Tengah.

Disinggung soal upaya pengiriman personel maupun peralatan teknis ke lokasi bencana, Wuryanto masih menunggu instruksi Mabes TNI. Namun yang jelas, Kodam IV/ Diponegoro selalu siap sewaktu-waktu jika diminta untuk berangkat.

“Kami siap diberangkatkan. Sarana angkutan di sana juga masih sulit, jadi prioritasnya satuan untuk menangani secara cepat,” ujar Wuryanto.

Seperti diketahui, gempa berkekuatan 7,7 skala richter mengguncang Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat lalu (28/9).Tak lama setelah gempa, gelombang tsunami menerjang kawasan Pantai Talise, Palu.

 

 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (gul/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Kodam IV/ Diponegoro Kirim Dua Helikopter untuk Evakuasi Korban Gempa