alexametrics

Gempa Sulteng, Jateng Siap Kirimkan Tenaga Medis

1 Oktober 2018, 19:59:39 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kesehatannya berencana mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Bantuan untuk korban bencana alam tersebut berupa tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo mengatakan, saat ini sudah ada enam tenaga kesehatan yang disiapkan pihaknya. Terdiri dari dokter, perawat, bidan hingga petugas konseling. “Sudah kita siapkan, semua akan membantu di sana,” ujarnya saat dijumpai di Noorman Hotel, Semarang, Senin (1/10).

Tak berhenti sampai di situ, Yulianto mengatakan, bantuan berupa obat-obatan juga sudah disediakan. Sebagai antisipasi manakala kiriman dari Kementerian Kesehatan kurang mencukupi. “Logistik macam obat-obatan kami prinsipnya membantu apabila kurang. Karena dari Kemenkes obat saat ini sudah cukup,” sambung Yulianto.

Koordinasi rencana pengiriman bantuan masih dilangsungkan, menurut Yulianto. Sehingga, semisal ada yang dibutuhkan segera langsung bisa dikomunikasikan dan direalisasikan. “Sementara enam tenaga kesehatan dulu. Tapi misal nanti dibutuhkan personel, akan segera kami siapkan,” tandasnya.

Seperti diketahui, gempa berkekuatan 7,4 skala richter menimpa Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) kemarin. Perisitiwa ini tak lama kemudian disusul dengan datangnya gelombang tsunami yang menerjang Pantai Talise, Palu.

Selain meluluhlantahkan sebagian besar infrastuktur di sana, peristiwa ini juga menyebabkan meninggalnya ratusan korban jiwa. Dan kaburnya ribuan orang narapidana dari tahanan.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Gempa Sulteng, Jateng Siap Kirimkan Tenaga Medis