alexametrics

Bantu Korban Palu, RS Unand Terbangkan 7 Tim Medis dan Obat-Obatan

1 Oktober 2018, 15:21:24 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 7 orang tim medis yang terdiri dari dokter spesialis dan perawat Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat (Sumbar) bakal diterbangkan ke Provinsi Sulewesi Tengah. Mereka akan membantu penangangan korban bencana gempa dan tsunami yang menghatam Donggala dan Kota Palu.

Selain itu, tim medis yang diberangkat siang ini, Senin (1/10) juga membawa obat-obatan untuk pengobatan korban gempa dan tsunami. Pengadaan obat-obatan ini juga disokong dari Dinas Kesehatan Sumbar.

“Hari ini bertolak dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pukul 14.00 Wib menuju Makasar. Setiba di sana nanti, kita cari jalan alternatif. Apakah nanti melalui jalur udara atau bantuan militer mengunakan Hercules. Atau bisa juga melalui Mamuju dilanjutkan perjalanan darat selama 5 sampai 6 jam,” kata Ketua tim medis RS Unand dr Muhammad Riendra, Senin (1/10).

Tim medis yang berangkat masing-masing, 1 dokter bedah toraks, 2 dokter bedah ortopedi, 2 orang dokter Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Unand dan 2 perawat RS Sakit Unand.

“Ini tim kolaborasi yang mendapat dukungan RS Unand dan Fakultas Kedokteran, dosen dan alumni. Keberangkatan kita juga diselingi dengan membawa bantuan makanan berupa rendang sebanyak 60 kilogram,” ujar Muhammad Riendra.

Terkait penepatan daerah yang akan disasar, Rendra mengaku belum bisa memastikan. Pihaknya nanti akan mengikuti arahan sesuai pusat krisis. Tim medis ini akan ikut memberikan pertolongan selama sepekan kedepan.

“Sampai di sana nanti, kita lapor ke petugas bandara, baik dari Kemenkes atau TNI. Mereka nanti yang akan mengarahkan penepatan  Apakah di Rumah Sakit atau di lapangan,” katanya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (rcc/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Bantu Korban Palu, RS Unand Terbangkan 7 Tim Medis dan Obat-Obatan