alexametrics

800 Kg Rendang untuk Korban Gempa Sulteng

1 Oktober 2018, 12:28:11 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggalang bantuan rendang untuk korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Hingga kini, rendang yang sudah terkumpul sebanyak 800 kg dan siap diterbangkan ke daerah Palu.

Sebelumnya, penggalangan bantuan rendang pernah dilakukan untuk korban gempa bumi di Lombok beberapa waktu lalu. Penggalangan bantuan rendang kembali dikumpulkan di satu titik, yaitu Sekretariat BPBD Sumbar. “Alhamdulillah, dalam daftar sudah terkumpul 800 kg (rendang),” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur kepada JawaPos.com, Senin (1/10).

Selain OPD, bantuan rendang juga mengalir dari berbagai lapisan masyarakat. Bagi warga yang ingin menyumbangkan rendang, diimbau langsung mengantarnya ke kantor BPBD Sumbar. “Belum tahu kapan diantar. Sekarang kami himpun dulu dan secepatnya diantar ke Sulawesi,” terang Rumainur.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menambahkan, donasi rendang untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng ditargetkan mencapai 1 ton. Soal pengiriman, Pemprov Sumbar berkoordinasi dengan maskapai penerbangan Garuda. “Bagaimana teknis pengirimannya, nanti kami tindaklanjuti. Kini kami kumpul sebanyak-banyaknya dulu,” terang Nasrul.

Selain rendang, Pemprov Sumbar akan menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 350 juta. Baznas Sumbar juga akan memberikan donasi sebesar Rp 500 juta. “Kami juga menanti bantuan pakaian layak pakai, seragam sekolah, alat tulis dari masyarakat Sumbar. Ini duka kita bersama,” ucap Nasrul Abit.

Soal warga Sumbar di Sulawesi apakah ada yang menjadi korban bencana, Nasrul mengaku belum dapat kabar. “Belum ada laporannya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat informasi tentang keberadaan perantau Minang di Sulteng kami peroleh,” ucap Nasrul Abit.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (rcc/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
800 Kg Rendang untuk Korban Gempa Sulteng