alexametrics

Usai Pensiun, Polisi Ini Berniat Jadi Pengawas Proyek Bangunan

1 September 2018, 14:03:22 WIB

JawaPos.com – Salah seorang anggota Polsek Tegalsari yang memasuki masa purna tugas adalah Aiptu Nur Chomari. Sebagai bentuk penghormatan atas pengabdiannya, Nur Chomari diarak dengan mobil Toyota Alphard, Sabtu (1/9)

Kepada JawaPos.com, Nur Chomari mengaku masih punya keinginan mengabdi kepada masyarakat. Selepas pensiun, Nur Chomari akan memulai aktivitas sebagai pengawas proyek bangunan. Dia tidak menyebutkan detail di mana lokasi proyek tersebut. 

Yang jelas, aktivitas barunya itu memang permintaan langsung dari masyarakat. Sebab, kerap ada laporan dari masyarakat yang mengadu kehilangan alat-alat pertukangan dan material bangunan. “Misalnya, kalau ada warga yang sedang membangun rumah atau ruko. Karena pekerjaan di proyek itu kalau nggak diawasi, banyak tangan-tangan jahil,” tuturnya. 

Beruntung, Nur Chomari sudah punya hubungan baik dengan warga. Jadi, tidak sulit baginya untuk melakukan pembinaan kepada warga sekitar proyek. “Saya bilang, Tegalsari masih wilayah hukum saya. Jadi, jangan melakukan hal-hal yang mengarah kepada tindak pencurian. Tunjukkan jika warga Tegalsari bisa lebih baik ketimbang polisi,” tambah Nur Chomari. 

Tak hanya dipercaya warga untuk mengawasi proyek bangunan. Ada juga beberapa warga Tegalsari yang meminta pembinaan terahadap pasangan suami istri (pasutri) pasca cerai. 

Dari kaca matanya, konflik rumah tangga itu sedang menjadi tren di wilayah Tegalsari. Nur Chomari mengaku paling repot saat membantu warga yang melakukan proses pisah Kartu Keluarga (KK). “Pisah KK itu sulit. Biasanya kalau istrinya yang menceraikan suami, saya misahinnya itu sulit. Nah, solusinya, saya selalu berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan membina pasangan cerai itu,” ungkapnya. 

Meski demikian, dia tetap siap jika diminta untuk membantu menyelesaikan persoalan serupa. Dia punya chemistry yang baik dengan warga setempat. “Saya sudah punya hubungan baik dengan para ketua RT dan RW di Tegalsari. Yang penting, saya selalu selesaikan dari aspek humanisnya saja. Nggak perlu sampai marah-marah,” sebut Nut Chomari. 

Sementara itu, Kapolsek Tegalsari Kompol David Triyo Prasojo menegaskan, akan tetap memberdayakan mantan anak buahnya itu sebagai pembina. Tugasnya, melakukan pembinaan terhadap anggota baru. “Karena, Aiptu Nur Chomari memang punya kelebihan dalam mengelola ketertiban melalui pembinaan kepada masyarakat. Jika ada keributan antar tetangga, selalu dapat diselesaikan,” tegasnya.

 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (HDR/JPC)

Usai Pensiun, Polisi Ini Berniat Jadi Pengawas Proyek Bangunan