JawaPos Radar

Hotel Melati di Kawasan Stasiun Cirebon Terbakar, 21 Kamar Ludes

01/09/2018, 20:01 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kebakaran di Kawasan Stasiun Cirebon
Petugas pemadam kebakaran berjibaku menjinakkan api yang melalap Hotel Aurora di Kota Cirebon, Sabtu (1/8). (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sebuah hotel di kawasan Stasiun Besar Cirebon, Kelurahan Kesenden Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon ludes dilalap si jago merah, Sabtu (1/8). Akibatnya, sebanyak 21 kamar hotel kelas melati itu tinggal tersisa puing-puing bangunan.

Kebakaran di Hotel Aurora itu diduga bersumber dari kamar belakang lantai atas hotel. Informasi yang berhasil dihimpun JawaPos.com, asap tebal diketahui pertama kali oleh Ketua RT 05 RW 06 Kelurahan Kesenden Kecamatan Kejaksan, Otong Suardi.

Melihat kepulan asap hitam, dirinya langsung menuju tempat kejadian untuk memberitahu petugas hotel. Sewaktu hendak menuju sumber titik api, dia melihat seorang petugas hotel yang sedang kebingungan.

Kebakaran di Kawasan Stasiun Cirebon
Kebakaran di Hotel Aurora itu diduga bersumber dari kamar belakang lantai atas hotel. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)

Seketika dirinya membantu untuk memeriksa sejumlah kamar yang diduga berpenghuni.
"Saya dibangunkan istri. Pak bangun pak, ada kebakaran. Setelah cek, api sudah menyala. Tamu-tamu langsung saya minta keluar," ujar Otong di lokasi.

Saksi mata lainnya resepsionis Hotel Aurora, Abdullah menyebut api diduga berasal dari korsleting arus pendek listrik yang terjadi di kamar 128. Mengingat kepulan asap hitam muncul dari kamar bagian belakang lantai atas hotel.

Saat kobaran api membesar, hampir sebagian kamar hotel sedang sepi. Sehigga, petugas mudah mengevakuasi tamu-tamu hotel. "Hampir semuanya kosong, tidak ada penghuninya.Tamu-tamu dibangunkan untuk melarikan diri. Kejadian jam 4 sore, setengah jam kemudian api sudah besar," ucap Abdullah.

Pemadaman pun berlangsung menegangkan. Kobaran api yang semakin membesar nyaris merambat ke Bank Muamalat yang berada persis berada di samping Hotel Aurora.

Sebanyak 10 unit mobil dan belasan petugas damkar dikerahkan. Selama hampir dua jam berjibaku, petugas akhirnya berhasil menjinakkan kobaran api. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, seorang pegawai hotel, Amin langsung dilarikan ke rumah sakit akibat terjatuh saat mengevakuasi tamu hotel.

Kepala Dinas Damkar Kota Cirebon, Adam Nurdin menduga kebakaran terjadi akibat dari korsleting arus pendek listrik di bagian belakang kamar atas hotel.

Maraknya kebakaran di Kota Cirebon, dirinya mengimbau kepada warga dan pemilik usaha agar mengganti kabel berstandar nasional. Mengingat, penyebab kebakaran akhir-akhir ini banyak disebabkan karena hubungan arus pendek listrik.

"Diduga kuat karena korsleting. Saya mengimbau kepada siapa pun, untuk segera mengubah kabel SNI atau yang bulat. Jangan yang gepeng," ujarnya singkat.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up