Fotonya Jadi Inspirasi Ridwan Kamil, Guru di Pekanbaru Dapat Hadiah

01/09/2018, 22:09 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
(Kanan ke kiri) Fahreno Ramadhan (Reno) sebagai Prabowo. Fatih Juris (Fatih) sebagai Jokowi. Serta Alfareza (Reza) sebagai Hanif Yudani Kusumah, atlet yang berhasil mendapatkan medali emas cabang Pencak Silat yang menyatukan Jokowi dan Prabowo. (Virda Elisya/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Foto yang diunggah oleh seorang guru yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 118 Pekanbaru, bernama Nurjanah, ternyata menjadi inspirasi bagi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil untuk membuat sayembara foto kreatif dan termirip seperti Jokowi-Prabowo, yang berpelukan.

Sebelumnya Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, mengunggah sebuah foto  di akun Instagramnya @ridwankamil, pada Kamis (30/8) lalu. Pada foto itu tampak tiga orang anak yang mengenakan seragam sekolah dasar. Mereka berpelukan layaknya Jokowi, Hanif dan Prabowo yang berpelukan. 

Foto tersebut, disertai Kang Emil dengan ucapan 'Alhamdulillah hal positif pelukan Pak Jokowi dan Pak Prabowo semalam, mulai menular positif ditiru oleh warga dan anak-anak. Btw, SAYA mau bikin lomba foto pose ini untuk seluruh warga Indonesia dimanapun berada. Perempuan juga boleh ikutan dgn kostum masing-masing'. 

Saat melihat foto Jokowi dan Prabowo berpelukan, muncullah niat Nur untuk membuat hal serupa. Adegan itu diperagakan oleh Fahreno Ramadhan (Reno) sebagai Prabowo. Fatih Juris (Fatih) sebagai Jokowi. (Virda Elisya/JawaPos.com)

Foto dengan konsep dan artistik Terbaik 1 mendapatkan hadiah Rp 2 juta rupiah. Juara 2 mendapatkan Rp 1 juta rupiah. Juara 3 sebesar Rp 500 ribu rupiah untuk masing2 sebanyak 4 orang. Hadiah tambahan voucher 1 juta rupiah utk 4 orang dari @fatih_indonesia. Posting di akun masing-masing hastag #RukunIndonesiaku dan akun saya tolong di tag. 

Ditutup tanggal 5 September 2018. Hatur Nuhun. Temanya bebas. Misal: '2 mantan yg akhirnya bisa rukun' foto: @ibuuukkk alias ibu Nurjanah guru SDN 118 Pekanbaru.'

Mengetahui fotonya menjadi inspirasi bagi Gubernur Jawa Barat terpilih untuk sayembara, Nur yang berusia 33 tahun itu pun merasa sangat senang sekaligus bangga. Sebab, ia tak pernah menyangka hal yang dilakukannya bersama anak muridnya itu menjadi viral di kalangan netizen.

"Jadi memang foto Pak Jokowi dan Prabowo sudah viral. Kan tahu kalau di sosial media itu pendukung Pak Jokowi dan Prabowo ribut. Jadi pengen berbuat sesuatu agar orang di luar sana gak berpikir kesana (ribut lagi). Jadi terbayang membuat foto itu," kata Nur, saat dijumpai JawaPos.com di SDN 118 Pekanbaru, Sabtu (1/9).

Dikatakan Nur, foto itu diambilnya saat tengah mengajar di kelas 5A pada Kamis siang lalu. Saat melihat foto Jokowi dan Prabowo berpelukan, muncullah niat Nur untuk membuat hal serupa. Adegan itu diperagakan oleh Fahreno Ramadhan (Reno) sebagai Prabowo. Fatih Juris (Fatih) sebagai Jokowi. Serta Alfareza (Reza) sebagai Hanif Yudani Kusumah, atlet yang berhasil mendapatkan medali emas cabang Pencak Silat yang menyatukan Jokowi dan Prabowo.

"Alasannya pilih Reno karena dia senyumnya manis. Badannya juga agak gemuk. Kalau Fatih karena badannya kurus. Sedangkan Reza awalnya bingung tapi dia tunjuk tangan, mengajukan diri sebagai Hanif," ucapnya.

Viralnya foto tersebut bermula ketika foto Nur diunggah oleh pemilik akun bernama Iwan. Kemudian, foto itu akhirnya diunggah Ridwan Kamil di akunnya. Tapi sumbernya saat itu bukanlah dari Nur melainkan Iwan. Netizen yang mengetahui bahwa itu foto Nur kemudian mendorong Nur untuk berkomentar di akun Kang Emil.

"Lama-lama banyak yang ngasih tahu, ikutan komen di ig (Instagram) Pak Ridwan. Ini foto saya, tapi kalau ambil alasannya baik, gapapa kalau gak dicantumkan nama saya. Banyak juga anak alumni SD ini yang komen di Ig Pak Ridwan Kamil. Jadinya Pak Ridwan di ralatnya," kata dia.

Setelah menjadi inspirasi diadakannya sayembara oleh Kang Emil, Nur pun mendapatkan pesan langsung darinya. Kang Emil mengatakan kalau Nur mendapatkan hadiah sebesar Rp 1 juta. 

"Dikasih uang Rp 1 juta. Dia cuma minta nomor rekening saya. Ditransfer hari Kamis kemarin. Uangnya udah saya bagi-bagikan ke anak-anak," ungkap wali kelas 5A tersebut.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi