JawaPos Radar

Menkes Tegaskan MUI Tak Tolak Imunisasai Campak MR

01/08/2018, 17:37 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Nila F Moeloek
Menkes Nila F Moeloek saat memantau kampanye imunisasi campak Measles dan Rubella (MR) di MTS Negeri 1 Makassar, Rabu (1/8). (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pelaksanaan imunisasi campak Measles dan Rubella (MR) masih menuai kontroversi. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau melalui surat edarannya pada Senin (30/7) lalu, dengan tegas menyatakan vaksin campak MR belum mendapatkan sertifikat halal dari MUI Pusat.

Selanjutnya, MUI meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menunda pelaksanaan injeksi atau vaksinasi hingga diterbitkannya sertifikasi halal. Masyarakat muslim bahkan diminta tidak ikut serta dalam proses vaksinasi campak MR sampai adanya keputusan resmi dari MUI.

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek lantas angkat bicara atas polemik terkait vaksinasi campak MR. Pada dasarnya, tak ada penolakan dari MUI terkait pelaksanaan vaksinasi serentak di Indonesia yang dicanangkan pemerintah.

MUI sendiri sudah mengeluarkan fatwa dalam ayat 4 tahun 2016 yang mengatakan bahwa sesuatu yang bila nanti sangat merugikan, dalam proses pengobataan untuk mencegah bisa saja diperbolehkan. "Saya kira tidak (menolak), ya," jelas Nila saat melakukan peninjauan pelaksanaan kampanye imunisasi campak MR di MTS Negeri 1 Makassar, Jalan AP Pattarani, Kota Makassar, Rabu (1/8).

Sejauh ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan koordinasi dengan MUI terkait proses vaksinasi campak MR. Hasilnya, MUI menyepakati bahwa kandungan vaksin untuk upaya pengobatan pencegahan penyakit campak MR boleh dilakukan sepanjang untuk proses pengobatan jangka panjang. "Jadi kami memrosesnya dan ini memang bahwa betul-betul merupakan hal yang patut bisa dipakai untuk masyarakat," tandas Nila.

Sementara untuk proses vaksin di Riau, Menkes akan melakukan peninjauan langsung dan tetap berkoordinasi dengan MUI pusat. "Kami akan mendatangi. Ada kendala pasti, tapi kami akan mencoba koordinasikan terus untuk kelancaran prosesnya," tegasnya.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up