alexametrics

Lima Belas Ribu Nasabah Sudah Migrasi ke Kartu GPN

1 Agustus 2018, 14:37:25 WIB

JawaPos.com – Lebih dari 15 ribu nasabah se-wilayah III Cirebon sudah bermigrasi ke kartu debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Penukaran kartu debit berlogo GPN kembali dilakukan oleh Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon, Selasa (31/7).

Deputi KPw BI Cirebon, Rawindra Ardiansyah mengatakan, layanan fasilitas penukaran kartu debit berlogo GPN disambut antusias oleh masyarakat. Menurutnya, selama tiga hari sejak diluncurkannya program penukaran kartu berlogo GPN pada Minggu (29/7) lalu, nasabah yang sudah melakukan migrasi kartu GPN sudah mencapai 15.000 kartu.

Keuntungan kartu debit GPN yaitu memberikan keamanan informasi nasabah atas kepemilikan rekening bank. BI menjamin, penggunaan kartu berlogo GPN akan jauh lebih aman.

“Sistem transaksi melalui kartu GPN, salah satunya mengantisipasi pencurian data seperti skimming. Dengan kartu GPN yang pakai chip sudah tidak bisa dicuri,” ungkapnya, Selasa (31/7).

Dikatakan Rawindra, sistem transaksi domestik menggunakan kartu GPN bisa menurunkan biaya transaksi 1 persen, yang sebelumnya 3 persen. Program pemukaran kartu GPN itu dikembangkan BI untuk membawa semua transaksi keuangan melalui perbankan nontunai memakai kartu logo GPN.

Program penukaran kartu GPN, KPw BI Cirebon merangkul sembilan lembaga perbankan. Antara lain, Bank bjb, Bank BTN, BRI, BCA, BNI, Mandiri, Mandiri Syariah, Permata Bank, dan Bank Artha Graha Internasional.

Layanan penukaran kartu debit ke kartu berlogo GPN hingga Kamis (2/8) mendatang. Layanan penukaran tersebut tersedia di CSB Mall dan Grage Mall Kota Cirebon.

“Nasabah dari sembilan bank yang ingin migrasi ke kartu berlogo GPN, hanya diminta melampirkan kartu identitas diri dan kartu lama. Kemudian langsung diproses petugas bank,” katanya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (wiw/JPC)

Lima Belas Ribu Nasabah Sudah Migrasi ke Kartu GPN