JawaPos Radar

Kapal Seharga Rp 2,2 Miliar Diberikan untuk Palembang

01/08/2018, 20:03 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Kapal Seharga Rp 2,2 Miliar Diberikan untuk Palembang
Bus Air atau kapal seharga Rp 2,2 miliar (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) terus mengucurkan bantuan menjelang Asian Games. Kali ini, Kemenhub memberikan bantuan bus air atau kapal seharga Rp 2,2 miliar di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Rabu (1/8).

"Ada lima kapal yang diserahkan kali ini. Rinciannya, tiga kapal untuk Palembang, satu kapal untuk Sumsel dan satu kapal Banyuasin," kata Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi saat ditemui usai penyerahan, Rabu (1/8).

Kapal yang diberikan ini merupakan bantuan untuk Asian Games. Namun, setelah perhelatan Asian Games dapat digunakan untuk umum seperti pengangkut penumpang serta dapat juga digunakan sebagai sarana wisata.

Ia mengaku kapal ini memiliki spek sangat baik dimana panjang mencapai 12 meter sedangkan lebar 3 meter dengan kapasitas sebanyak 20 orang. Kapal ini juga sangat dilengkapi sistem keamanan seperti pelampung dan lain sebagainya.

"Jadi mungkin nantinya biaya operasional untuk kapal ini cukup tinggi," ujarnya.

Kapal ini juga merupakan buatan anak bangsa dimana digarap di daerag Batam. Artinya, karya anak bangsa saat ini sudah sangat baik.

Terkait tarif kapal, lanjut Dirjen, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Perhubungan (Dishub). Namun, pihaknya menghimbau agar tarif tidak terlalu tinggi yakni di bawah Rp 100 ribu.

"Kami harap kapal ini sangat berguna dan bermanfaat," tutupnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menambahkan, Presiden RI dan Wapres RI, Jusuf Kalla tidak pernah lupa akan keindahan dan layanan di Kota Palembang, hingga menjadi kota yang disegani bagi daerah lainnya.

"Kami harap bantuan ini bisa melengkapi keindahan dari sungai musi terutama kegiatan wisata dan saya yakin Sumsel bisa maju kedepannya," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up