JawaPos Radar

54 Persen Pelanggan PDAM Solo Tak Miliki Septic Tank Layak

01/08/2018, 13:04 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
PDAM Solo
Petugas melakukan penyedotan tinja di rumah salah seorang warga, Selasa (24/7). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Kota Solo mulai menerapkan program layanan lumpur tinja terjadwal (L2T2). Dengan program tersebut, PDAM bersama pihak ketiga akan melakukan penyedotan septic tank milik pelanggan secara berkala. yakni, antara 2-5 tahun sekali.

Sebelum melakukan penyedotan, PDAM sudah melakukan survei untuk mengetahui kondisi dan kelayakan septic tank. Dari hasil survei yang melibatkan lebih kurang 42 ribu pelanggan, ditemukan 19.500 pelanggan atau sekitar 46 persen yang memiliki septic tank layak. Sedangkan sisanya tidak termasuk layak sehingga perlu dilakukan perbaikan.

Kabid Limbah Cair PDAM Solo Nanang Pirmono mengungkapkan, ada beberapa kriteria yang menentukan septic tank layak atau tidak. Kondisi septic tank layak seperti lokasinya berada di luar bangunan rumah. "Kemudian mudah dijangkau, terdapat lubang masuk dan lubang buang dindingnya kedap, Memiliki ukuran standar, yakni tidak terlalu kecil," ungkap Nanang, Rabu (1/8).

Ukuran septic tank yang sesuai untuk rumah berpenghuni lima orang, minimal harus mempunyai ukuran satu meter persegi. Kemudian untuk kedalamannya minimal dua meter. Dengan ukuran tersebut, Nanang memperkirakan untuk penyedotan bisa dilakukan tiga tahun sekali.

"Tetapi jika ukurannya terlalu kecil maka penyedotan akan terlalu sering dilakukan. Selain itu kalau septic tank yang lebih dari tiga tahun tetapi tidak pernah penuh dan tidak pernah disedot, bisa dipastikan itu sudah bocor," tandasnya.

Untuk itu, Nanang meminta kepada seluruh pelanggan yang septic tanknya belum memenuhi syarat untuk segera melakukan perbaikan. Sehingga saat akan disedot bisa lebih mudah.

"Masih ada waktu tiga tahun untuk melakukan perbaikan. Nanti kalau septic tank lokasinya sulit dijangkau, kami akan menggunakan kendaraan yang ukurannya lebih kecil agar bisa masuk ke gang," ucapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up