alexametrics

Sultan Cek Kesehatan Sebelum Ditetapkan Kembali sebagai Gubernur DIJ

1 Juli 2022, 15:53:21 WIB

JawaPos.com–Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Wagub DIJ KGPAA Paku Alam X menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai syarat untuk ditetapkan kembali sebagai kepala daerah periode 2022–2027. Pemeriksaan dilakukan di RSUP Sardjito, Jogjakarta, Jumat (1/7).

”Ini untuk memenuhi persyaratan diajukan kembali 5 tahun yang akan datang,” kata Sultan seusai menjalani pemeriksaan kesehatan seperti dilansir dari Antara.

Masa jabatan Sultan HB X dan Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIJ akan berakhir pada 10 Oktober 2022. Keduanya akan kembali dilantik sebagai pasangan kepala daerah DIJ tanpa pemilihan umum.

Sesuai ketentuan dalam Undang-Undang (UU) Keistimewaan DIJ Nomor 13 Tahun 2012 disebutkan bahwa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIJ dilakukan dengan penetapan, bukan pemilihan.

Sebelum menjalani serangkaian tes kesehatan, Sultan mengatakan, tidak melakukan persiapan khusus, kecuali sempat berpuasa. ”Puasa saja, kan untuk pemeriksaan darah, urine,” ujar Sultan.

Meski hasil pemeriksaan belum keluar, dia mengaku tidak memiliki keluhan terkait kondisi kesehatannya. ”Tidak ada keluhan. Sehat, kok,” ucap Ngarsa Dalam sapaan Sultan HB X.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: